Komparasi MPV Murah New Xenia dan New Xpander

Kompas.com - 20/11/2021, 08:42 WIB
Daihatsu Xenia model baru di GIIAS 2021. KOMPAS.com/DIO DANANJAYADaihatsu Xenia model baru di GIIAS 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 digadang-gadang jadi pameran otomotif paling panas tahun ini karena adanya persaingan ketat di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah.

Sejumlah produsen yang sudah lama bermain di segmen ini menghadirkan banyak pembaruan pada masing-masing mobil andalannya. Sebagai contoh, terdapat Daihatsu yang mengusung New Xenia dan Mitsubishi dengan New Xpander-nya.

Bisa jadi banyak calon konsumen tengah kebingungan hendak memilih MPV mana yang jadi tunggangannya. Maka dari itu, Redaksi Kompas.com akan merangkum komparasi New Xenia versus New Xpander dalam sejumlah aspek sebagai gambaran perbandingan.

Baca juga: Ketika Calon Juara Dunia WSBK Bantu Emak-emak Potong Rumput

Mitsubishi Xpander terbaru.KOMPAS.com/ADITYO WISNU Mitsubishi Xpander terbaru.

1. Eksterior

Daihatsu membuat New Xenia memiliki tampang yang lebih sporty dibanding versi lawasnya. Bahkan sejumlah pihak menyebut tampang mobil ini hampir mirip dengan New Xpander. Hal ini nampak dari bahasa desain New Xenia di sisi depan yang menggunakan dual grill, yakni thin upper dan big lower.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lampu utamanya pun mengusung desain baru berbentuk pipih dan menggunakan LED. Sementara lampu kabut di bagian bawah masih mengusung model halogen.

Beranjak ke sisi belakang, desain Xenia sepenuhnya baru. Lampu belakang dibentuk horizontal memanjang ke tengah. Motifnya hampir mirip dengan milik Rocky. Untuk varian ADS (Astra Daihatsu Styling), ada aksen diffuser dan body kit yang menambah aura sporty.

Sementara itu, New Xpander tidak mengalami banyak ubahan desain dari sebelumnya. Xpander hanya mendapatkan model major change (MMC) atau umum dikenal dengan istilah facelift.

Bila dirinci, pembaruan eksterior terdiri dari bumper depan, lampu LED dengan desain yang disebut T-Shape, penyematan underguard, pelek 17 inci two tone dengan desain baru, side sill garnish, desain bagian belakang, T-Shape LED tail gate, sampai electric switch tail gate door handel yang memudahkan pemilik untuk membuka pintu bagasi dengan satu tekanan.

Baca juga: Diskon Mobil Murah Daihatsu Ayla dan Sigra di GIIAS 2021

Daihatsu XeniaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Daihatsu Xenia

2. Interior

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.