PPKM Level 3 Saat Libur Natal dan Tahun Baru Berjalan Tanpa Penyekatan

Kompas.com - 20/11/2021, 07:22 WIB
Polisi sedang melakukan penyekatan jalan selama PPKM. DOK. ShutterstockPolisi sedang melakukan penyekatan jalan selama PPKM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menekan kasus Covid-19 kembali terjadi ada masa libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru), pemerintah bakal membatasi sejumlah kegiatan masyarakat.

Namun demikian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, memastikan tak akan ada penyekatan selama periode tersebut.

Kondisi tersebut diambil sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Intinya sesuai arahan presiden tidak ada penyekatan (saat libur Nataru). Tidak ada penyekatan tetapi kita imbau, kita serukan kepada seluruh masyarakat untuk tidak bepergian, kecuali untuk tujuan-tujuan primer," kata Muhadjir selepas rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, disitat dari NasionalKompas.com, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Daftar Harga Motor Listrik di GIIAS 2021, Mulai Rp 12 Jutaan

Penyekatan di JTTS Hutama karya Penyekatan di JTTS

Lebih lanjut Muhadjir menyampaikan, agar masyarakat merencanakan kegiatan libur Nataru yang bersifat kekeluargaan yang tetap nyaman dan gembira.

Sementara untuk kebijakan terkait libur Nataru akan seperti ketentuan yang berlaku pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Namun demikian, Muhadjir menegaskan bukan berarti daerah yang sudah berstatus PPKM Level 1 diturunkan kembali menjadi Level 3.

Baca juga: Adu Diskon Mobil Murah, Bisa Mentok Rp 15 Juta

Ilustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-CikampekDok. Jasa Marga Ilustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-Cikampek

Sebelumnya, Muhadjir sejumlah kegiatan seperti perayaan pesta kembang api, pawai, arak-arakan yang mengumpulkan kerumunan besar akan sepenuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.