6 Pebalap Binaan AHM Siap Bersaing di Idemitsu Asia Talent Cup 2021

Kompas.com - 20/11/2021, 08:12 WIB
Para pebalap muda bersaing pada ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 Dok. IATCPara pebalap muda bersaing pada ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri penutup Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok. Indonesia sendiri menurunkan enam pebalap.

Keenam pebalap tersebut adalah binaan PT Astra Honda Motor (AHM). Fadillah Arbi Aditama, Herlian Dandi, Azryan Dheyo, Herjun Atna Firdaus, akan ditemani dua pebalap wild card jebolan Astra Honda Racing School, Veda Ega Pratama, dan Reykat Yusuf Fadillah.

Baca juga: Pebalap Indonesia Berjuang Keras di Seri Perdana ATC Qatar

Arbi, pebalap kelahiran Purworejo, Jawa Tengah, menyatakan kesiapannya untuk melahap setiap sesi dan lomba akhir pekan ini. Dia berupaya memanfaatkan waktu yang terbatas untuk mengeksplorasi karakter sirkuit Mandalika saat latihan bebas dan kualifikasi minggu lalu.

Pebalap binaan Honda, Fadillah Arbi Aditama, dengan nomor start 3 saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021Dok. IATC Pebalap binaan Honda, Fadillah Arbi Aditama, dengan nomor start 3 saat berlaga pada Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021

”Balapan kali ini akan terasa berbeda. Selain mendapat dukungan semangat langsung dari penonton asal negeri sendiri, sirkuit Mandalika juga memiliki karakter trek yang menantang untuk ditaklukkan. Fokus saya, capaian waktu bisa meningkat lagi di balapan,” ujar pebalap berusia 16 tahun itu, dalam keterangan resminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan Dheyo, memiliki sudut pandang yang berbeda dengan Arbi. Pebalap yang juga berusia 16 tahun asal Batam ingin terus memperbaiki penampilan balapnya untuk meraih catatan waktu terbaik.

Baca juga: Selain WSBK dan MotoGP, Sirkuit Mandalika Bakal Gelar Asia Talent Cup

”Semua pebalap saat ini sama, baru pertama kali merasakan Sirkuit Mandalika. Saya akan mencoba memanfaatkan peluang sebaik mungkin dan mencetak prestasi membanggakan untuk Indonesia,” kata Dheyo.

Sejumlah pebalap kelas Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 melaju saat Race 1 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (19/11/2021). Pebalap Jepang Taiyo Furusato berhasil menjuarai Race 1 tersebut.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Sejumlah pebalap kelas Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 melaju saat Race 1 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (19/11/2021). Pebalap Jepang Taiyo Furusato berhasil menjuarai Race 1 tersebut.

Herjun yang sudah berusia 17 tahun asal Pati, Jawa Tengah, akan memanfaatkan bekal pengetahuan Sirkuit Mandalika pekan lalu untuk jadi patokan agar bisa lebih meningkat lagi.

"Target saya tidak berubah, ingin menjadi pebalap Indonesia pertama yang naik podium di sirkuit Mandalika. Saya merasa sudah sangat siap dan fokus untuk balapan sebagai tuan rumah. Mohon doa untuk masyarakat Indonesia,” ujar Herjun.

Selain keempat pebalap tersebut, Honda juga memberikan wildcard untuk dua pebalap muda, yakni Veda dan Reykat.

Veda masih berusia 12 tahun dan Reykat berusia 13 tahun. Keduanya tampil cukup menjanjikan saat sesi latihan bebas dan kualifikasi pekan lalu, dan mampu bersaing dengan pebalap lain yang telah berpengalaman di balapan tingkat Asia ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.