Salin Artikel

Komparasi MPV Murah New Xenia dan New Xpander

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 digadang-gadang jadi pameran otomotif paling panas tahun ini karena adanya persaingan ketat di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah.

Sejumlah produsen yang sudah lama bermain di segmen ini menghadirkan banyak pembaruan pada masing-masing mobil andalannya. Sebagai contoh, terdapat Daihatsu yang mengusung New Xenia dan Mitsubishi dengan New Xpander-nya.

Bisa jadi banyak calon konsumen tengah kebingungan hendak memilih MPV mana yang jadi tunggangannya. Maka dari itu, Redaksi Kompas.com akan merangkum komparasi New Xenia versus New Xpander dalam sejumlah aspek sebagai gambaran perbandingan.

1. Eksterior

Daihatsu membuat New Xenia memiliki tampang yang lebih sporty dibanding versi lawasnya. Bahkan sejumlah pihak menyebut tampang mobil ini hampir mirip dengan New Xpander. Hal ini nampak dari bahasa desain New Xenia di sisi depan yang menggunakan dual grill, yakni thin upper dan big lower.

Lampu utamanya pun mengusung desain baru berbentuk pipih dan menggunakan LED. Sementara lampu kabut di bagian bawah masih mengusung model halogen.

Beranjak ke sisi belakang, desain Xenia sepenuhnya baru. Lampu belakang dibentuk horizontal memanjang ke tengah. Motifnya hampir mirip dengan milik Rocky. Untuk varian ADS (Astra Daihatsu Styling), ada aksen diffuser dan body kit yang menambah aura sporty.

Sementara itu, New Xpander tidak mengalami banyak ubahan desain dari sebelumnya. Xpander hanya mendapatkan model major change (MMC) atau umum dikenal dengan istilah facelift.

Bila dirinci, pembaruan eksterior terdiri dari bumper depan, lampu LED dengan desain yang disebut T-Shape, penyematan underguard, pelek 17 inci two tone dengan desain baru, side sill garnish, desain bagian belakang, T-Shape LED tail gate, sampai electric switch tail gate door handel yang memudahkan pemilik untuk membuka pintu bagasi dengan satu tekanan.

2. Interior

Masuk ke dalam kabin New Xenia, nampak desain dasbor baru dari versi lawasnya. Meski begitu materialnya didominasi plastik keras, baik pada dasbor maupun door trim-nya. Lantas desain setirnya juga baru dilengkapi dengan tombol pengaturan head unit dan MID.

Di bagian tengah, pengemudi mendapatkan console box dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Sementara pada glove box tidak banyak berubah, apalagi sistem pembukaannya yang belum soft opening seperti mobil-mobil modern lainnya.

Joknya menggunakan bahan fabric baik pada baris depan hingga belakang. Pada varian tertingginya, ada garis jahitan merah sebagai aksen tambahan. Pengaturan maju-mundurnya cukup jauh. Di bagian bawah masih ada tunnel tapi tidak terlalu tinggi.

Sementara di New Xpander, ubahan memang banyak difokuskan pada interior. Desain dasbor lebih minimalis serta terkesan mewah berkat sentuhan soft touch bernuansa krem. Motif joknya pun juga bernuansa cerah memberikan kesan kabin yang lega.

Setir New Xpander memiliki desain sporty sekilas mirip kepunyaan Lancer Evolution. Setir baru ini punya sejumlah tombol pengatur audio dan Hands Free Switch termasuk Cruise Control di sisi kanannya.

Desain door trim-nya juga baru, pada arm rest mendapatkan material empuk seperti dasbor. Di konsol boks tengah juga tersedia arm rest guna menunjang kenyamanan pengemudi. Konsol tengahnya lebih lapang berkat penggunaan tombol rem tangan elektrik alih-alih tuas rem. Antara penumpang dan pengemudi hanya dipisahkan tuas transmisi baru.

3. Fitur

Perkara fitur, aspek keselamatan aktif New Xenia dibekali dengan Collision Warning Function, Hill Start Assist (HSA), Pedal Misoperation Control, Vehicle Stability Control (VSC), Leading Vehicle Departure Warning, Lane Departure Warning and Prevention, Anti-lock Braking System (ABS), hingga Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Sementara menilik New Xpander, mobil LMPV andalan Mitsubishi ini memiliki teknologi Pedestrian Protector, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist, Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal System (ESS), serta Active Stability Control (ASC).

4. Mesin

New Xenia hadir dengan 2 varian mesin, yakni 1NR-VE DOHC dengan kapasitas 1.300 cc dan 2NR-VE DOHC dengan kapasitas 1.500 cc.

Sementara New Xpander mengandalkan mesin MIVEC DOHC 4 silinder 16 katup dengan kapasitas 1.500 cc. Secara umum jantung pacunya masih sama. Namun ada penambahan fitur baru berupa Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang berfungsi mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

5. Harga

Pada segmen LMPV, Daihatsu masih memposisikan New Xenia sebagai model mobil dengan harga paling terjangkau dibanding para pesaingnya. Varian termurahnya yakni 1.3 M M/T dibanderol Rp 190 jutaan. Sementara tipe tertingginya 1.5 R CVT ASA dijual pada harga Rp 242 jutaan.

Lantas untuk New Xpander, Mitsubishi membanderolnya dari rentang harga Rp 228 jutaan untuk tipe termurahnya GLS M/T hingga Rp 272 jutaan untuk tipe paling mahal, Ultimate CVT.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/20/084200515/komparasi-mpv-murah-new-xenia-dan-new-xpander

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.