Kompas.com - 19/11/2021, 18:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Program potongan harga alias diskon pada kendaraan bermotor menjadi daya tarik utama bagi masyarakat. Tidak terkecuali pada model low sport utility vehicle (LSUV) alias SUV murah.

Apalagi, saat ini berbagai produk terkait sedang menikmati insentif dari pemerintah RI melalui instrumen Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang berlaku hingga Desember 2021.

Seperti yang dilakukan oleh tenaga penjual di sejumlah merek mobil pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Baca juga: Resmi, LCGC Masuk Daftar Penerima PPnBM 0 Persen

XL7Bank Kanchanavilai XL7

Ditemui Kompas.com, salah satu tenaga penjual Toyota mengatakan bahwa Toyota Rush sebagai LSUV andalan pabrikan sedang mendapatkan diskon khusus sampai Rp 15 juta.

"Potongan ini diberikan usai harga OTR dikurangi diskon PPnBM. Berlaku untuk seluruh varian dari Rush," katanya, Jumat (19/11/2021).

Ia mencontohkan, pada Rush GR Sport manual semula dihargai Rp 257,5 juta pasca-insentif PPnBM 100 persen sekarang hanya Rp 242 juta. Namun, perlu diingat, diskon berlangsung hanya selama GIIAS 2021.

Potongan serupa juga berlaku untuk kembarannya, Daihatsu Terios model terbaru. Tapi, diskon bisa menjadi lebih besar sampai Rp 17 juta tergantung metode atau skema pembayaran konsumen.

"Kalau untuk Suzuki XL-7, potongannya bisa Rp 15 juta. Tapi khusus pada varian Beta yang ready transmisi otomatis saja," kata tenaga penjual Suzuki.

Baca juga: Diskon Mobil LCGC 7 Penumpang di GIIAS 2021, Calya Potongan Rp 15 Juta

Persaingan Low SUV, antara Honda BR-V dan Toyota RushGridOto.com Persaingan Low SUV, antara Honda BR-V dan Toyota Rush

Berbeda dari ketiganya, Mitsubishi Xpander Cross generasi lawas hanya diberikan diskon tipis, yakni RP 7 juta untuk varian tertinggi yakni Rockford Fosgate.

Pada varian biasa, potongan tersebut bisa sedikit lebih tinggi tergantung pilihan warna dan skema pembayaran yang dipilih konsumen.

"Kalau ambil kredit tiga tahun ke atas, bisa saya tinggikan lagi," ujar dia.

Adapun diskon paling fantastis datang dari LSUV merek Honda, yaitu BR-V generasi lawas. Dengan datangnya generasi terbaru, kini mobil tersebut didiskon sampai Rp 25 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.