Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain WSBK dan MotoGP, Sirkuit Mandalika Bakal Gelar Asia Talent Cup

Kompas.com - 18/10/2021, 12:32 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com – Pada bulan November 2021, Indonesia kembali menggelar balap motor bertaraf internasional, yakni World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, tepatnya pada tanggal 19-21 November.

Selain WSBK, Sirkuit Mandalika juga bakal mengadakan MotoGP pada bulan Maret 2022. Namun sebelum kedua ajang internasional tersebut berlangsung, Sirkuit Mandalika bakal mengadakan Asia Talent Cup (ATC).

Dyan Dilato, Head of Operations – Sporting Mandalika Grand Prix Association mengatakan, ATC merupakan ajang balap yang diisi pebalap muda untuk meraih mimpi menjadi pebalap MotoGP.

Baca juga: Solar Langka di Tol Trans Jawa Cuma Boleh Beli Maksimal Rp 300.000, Ini Kata Pertamina

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MGPA Official #TheMandalikaGP (@themandalikagp)

 

“ATC Mandalika merupakan seri kedua setelah di Qatar. Seharusnya, ATC dilaksanakan juga di Sepang (Malaysia), Buriram (Thailand), Motegi (Jepang), dan Phillip Island (Australia) namun keempatnya cancel gara-gara Covid-19,” ucapnya di Mandalika belum lama ini.

Jadi ATC bakal diadakan dua seri, di Mandalika rencananya akan digelar satu minggu sebelum WSBK, yakni tanggal 13-14 November. Sirkuit Mandalika sendiri sudah mendekati rampung, secara trek, sudah diaspal penuh, tinggal penunjang saja seperti pit building modular yang sedang dibangun.

“Organizing Committee MGPA sangat yakin homologasi akan dilakukan sebelum balap, tanggal 11-12 November untuk ATC. Kami mohon doa restunya, agar kita mampu melaksanakan ATC sebagai warm-up sebelum WSBK dan MotoGP,” kata Dyan.

Baca juga: Yamaha Limi 125, Harganya Lebih Mahal dari Nmax

Untuk gelaran ATC, pit building yang dibutuhkan tidak banyak, mengingat jenis motornya yang sama. Jadi bisa dibilang satu mekanik bisa mengurus tiga atau empat motor, sehingga pit building tidak perlu banyak-banyak.

“Tapi dalam WSBK nanti, kita berharap dari pit building dan penunjang paddock sudah jadi. Mengenai medical center dan race control, itu harus sudah ada dan sekarang tinggal finishing saja,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com