Mau Nonton WSBK di Sirkuit Mandalika, Begini Aturannya

Kompas.com - 20/11/2021, 07:12 WIB
Foto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww. ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDIFoto udara pekerja menyelesaikan pengecatan ornamen Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran balap motor World Superbike di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mulai berlangsung Jumat (19/11/2021).

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menerapkan sejumlah aturan untuk memasuki kawasan Sirkuit Mandalika demi menciptakan keamanan dan kenyamanan saat menonton.

Baca juga: Ketika Calon Juara Dunia WSBK Bantu Emak-emak Potong Rumput

Ada sejumlah regulasi yang harus dipatuhi oleh pengunjung yang akan menyaksikan jalannya balap World Superbike di Sirkuit mandalika. Syarat pertama harus memiliki tiket dan berusia 12 tahun ke atas.

Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah mengatakan, selama event balap motor di Sirkuit Mandalikan baik itu WSBK atau IATC berlangsung, ada beberapa atturan yang perlu ditaati oleh penonton.

“Regulasi ini berlaku selama event WSBK dan IATC berlangsung di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Seluruh syarat dan ketentuan ini perlu kami sampaikan semata demi keamanan dan kenyamanan penonton dalam menonton event," kata Ricky Baheramsjah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/11/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jonathan Rea (Kawasaki) berduel dengan Toprak Razgatlioglu (Yamaha) pada balapan di Autodrom Most, Republik Ceko, pada Kejuaraan Dunia WSBK 2021.WSBK/Jairo Diaz Reina Jonathan Rea (Kawasaki) berduel dengan Toprak Razgatlioglu (Yamaha) pada balapan di Autodrom Most, Republik Ceko, pada Kejuaraan Dunia WSBK 2021.

Selain itu, aturan protokol kesehatan ketat juga diterapkan di Mandalika. Penonton harus dua kali menerima vaksin Covid-19, menunjukkan hasil negatif swab antigen 1x24 jam atau PCR 3x24 jam melalui aplikasi PeduliLindungi, serta memindai QR Code ketika memasuki area sirkuit.

Apabila penonton belum terdaftar pada aplikasi PeduliLindungi, diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes swab antigen PCR dari rumah sakit atau klinik serta sertifikat vaksin dengan prosedur yang dikirim ke email terdaftar.

Baca juga: Diskon Mobil Murah Daihatsu Ayla dan Sigra di GIIAS 2021

Penonton juga diwajibkan duduk di kursi grand stand/tribun penonton yang sesuai dengan kategori tiket yang dibeli, tidak masuk ke area-area yang dibatasi atau dilarang aksesnya, serta menjaga kebersihan di area sirkuit dan sekitarnya.

Penyelenggara juga menghimbau kepada penonton untuk membawa kacamata hitam, sunscreen, topi, dan jas hujan untuk mengantisipasi cuaca terik maupun hujan.

Suasana di tribun penonton MotoGP Sepang Malaysia, Minggu(29/10/2017)Mikhael Gewati Suasana di tribun penonton MotoGP Sepang Malaysia, Minggu(29/10/2017)

Di lain pihak, penonton tidak diperkenankan membawa payung, senjata atau benda berbahaya, drone, wadah kaca, tongkat selfie atau benda besi lainnya, benda atau cairan yang mudah terbakar, ransel atau tas besar, laser, minuman beralkohol, poster bendera maupun spanduk, terompet, serta makanan dan minuman dari luar.

Baca juga: Tanpa Diskon PPnBM, Honda BR-V Terjual 2.100 Unit

Apabila penonton membutuhkan makanan atau minuman, penonton dapat membelinya pada booth penyedia food and beverages yang tersedia di dekat masing-masing grand stand.

Terakhir, penonton juga tidak diperbolehkan untuk melakukan filming atau mengambil video, termasuk live video, dari segala penjuru atas area sirkuit dan track balap, menggunakan kamera profesional maupun handphone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.