Kompas.com - 18/11/2021, 18:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sekali lagi memastikan komitmennya untuk mengakselerasi era mobilitas masa depan di Tanah Air, terkhusus pada kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Upaya pabrikan asal Korea Selatan tersebut sudah mulai terlihat melalui pendirian pabrik di kawasan Cikarang, Jawa Barat seluas 77 hektar, kehadiran mobil listrik murni, sampai mengikuti pameran otomotif GIIAS 2021.

Mengusung tema 'Indonesia: Into the Spotlight of Innovations', perseroan bermaksud untuk menjadikan Tanah Air sebagai sorotan industri otomotif dunia, termasuk perihal elektrifikasi selama pameran berlangsung.

Baca juga: Suzuki Indonesia Ungkap Strategi untuk Tingkatkan Ekspor

Mobil Listrik Hyundai di GIIAS 2021KOMPAS.com/Ruly Mobil Listrik Hyundai di GIIAS 2021

Langkah ini ditempuh dengan hadirnya jajaran mobil listrik andalan yang memimpin pangsa pasar electric vehicle (EV) di Indonesia, yaitu Kona EV dan Ioniq Electric.

Tidak sampai di sana, selama GIIAS 2021 dipamerkan pula mobil konsep berteknologi elektrik dengan desain klasik yang tidak lekang oleh waktu, bernama Prophecy.

Prophecy merupakan bukti filosofi desain Hyundai 'Sensuous Sportiness' dan menjadi manisfestasi dari 'Optimistic Futurism,' yang berfokus pada hubungan emosional antara manusia dan mobil dengan menyeimbangkan alam dan teknologi, emosi, dan kepraktisan.

"Kami juga memamerkan lebih banyak inovasi berkelanjutan yang akan mendorong ekosistem EV secara global, termasuk Indonesia. Di antaranya adalah platform khusus untuk kendaraan listrik masa depan yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP)," kata Chief Operationg Officer PT HMID, Makmur dalam keterangan tertulis, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: Bedah Teknologi Keselamatan LSUV di Indonesia, Mana yang Terlengkap?

Hyundai Kona EV di GIIAS 2021KOMPAS.com/Ruly Hyundai Kona EV di GIIAS 2021

Platform ini akan diaplikasikan pada Ioniq 5 yang merupakan mobil listrik pertama dari Hyundai yang akan diproduksi di Indonesia. Ada banyak manfaat yang diberikan untuk EV dengan hadirnya E-GMP, yaitu;

1. Memungkinkan berbagai konfigurasi produk melalui modularisasi dan standarisasi,
2. Memberikan sensasi berkendara yang lebih halus dan stabil,
3. Menjamin stabilitas dan daya tahan dengan struktur bodi kokoh,
4. Memberikan keunggulan tersendiri pada suasana eksterior dan memaksimalkan penggunaannya.

Di sisi lain, lanjut Makmur, inti dari E-GMP adalah ringkas, efisien, bebas stres saat pengisian daya (100 km dalam 5 menit), menyenangkan dalam berkendara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.