FIF Group Jadi Penyumbang Terbesar Pembiayaan Sepeda Motor Indonesia

Kompas.com - 18/11/2021, 20:20 WIB
Ilustrasi membayar angsuran kendaraan bermotor di kantor cabang FIF Group IstimewaIlustrasi membayar angsuran kendaraan bermotor di kantor cabang FIF Group

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil dan motor mulai berkembang kembali sejak Januari hingga September 2021. Hal ini mendorong PT Federal International Finance (FIF Group), salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial untuk terus mendukung pemulihan sektor otomotif pasca pandemi.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), terjadi lonjakan penjualan mobil di angka 47,4 persen pada Januari-September 2021 menjadi 600.344 unit dibanding periode yang sama tahun 2020 sebanyak 407.390 unit.

Senada dengan hal tersebut, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) menyebutkan penyaluran pembiayaan pada periode yang sama untuk kendaraan roda empat meningkat 39,8 persen menjadi Rp 127,8 triliun dibanding periode yang sama tahun 2020 yang senilai Rp 91,4 triliun.

Baca juga: Komparasi New Xpander Cross Versus All New BR-V, Pilih Mana?

Di samping itu, untuk industri kendaraan roda dua, data penjualan sepeda motor nasional yang dilansir Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada periode Januari-September 2021 mencapai 3,76 juta unit, meningkat 56,8 persen dibanding periode yang sama tahun 2020 yang berjumlah 2,18 juta unit.

“Per 2020, berdasarkan data AISI pasar roda dua memang mengalami penurunan 43,6 persen, yaitu sebanyak 3.6 juta unit dibanding tahun 2019 yang berhasil mencapai penjualan sebanyak 6,5 juta unit. Namun diprediksikan akan meningkat sebesar 38,4 persen di akhir tahun 2021, sebesar 5,1 juta unit," ungkap CEO FIF Group Margono Tanuwijaya di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (18/11/2021).

Ilustrasi sepeda motorJosephus Primus Ilustrasi sepeda motor

“Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan melakukan beberapa inisiatif seperti memperkuat proyek kolaborasi, baik di internal perusahaan maupun dengan ekosistem Astra dan strategic partner melalui integrasi online and offline, virtual exihibition yang melibatkan diler motor rekanan, gabungan program, dan banyak lagi lainnya," kata ia melanjutkan.

Baca juga: PPKM Level 3 Berlaku Saat Libur Nataru, Bagaimana Aturan Perjalanan?

Melihat industri pembiayaan sepeda motor nasional, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh APPI, penyaluran pembiayaan untuk sepeda motor baru dan bekas Januari-September 2021 mengalami kenaikan sebesar 19,8 persen menjadi Rp 55,6 triliun dibanding periode yang sama pada 2020 sebesar Rp 46,45 triliun.

FIFGroup turut mencatatkan pertumbuhan positif, pada Januari-September 2021 terjadi kenaikan jumlah pembiayaan yang berhasil dicapai sebesar 4,4 persen senilai Rp 22,9 triliun dibanding periode yang sama tahun 2020 yang hanya mencapai pembiayaan sebesar Rp 21,9 triliun.

Berkat catatan ini, bisa dikatakan FIF Group masih jadi market leader dalam pembiayaan kendaraan roda dua dengan porsi sebesar 41,2 persen untuk periode Januari-September 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.