Kompas.com - 18/11/2021, 14:01 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) belum lama ini memperkenalkan All New Isuzu mu-X di GIIAS 2021. Mu-X ditawarkan dalam satu varian yakni 4x4 dengan transmisi otomatis dan dibanderol Rp 559,9 juta.

Isuzu memang mengubah pendekatan untuk mu-X generasi terbaru di Indonesia untuk kendaraan kerja. Jadi bisa dibilang mu-X yang ada saat ini cocok untuk dibawa kerja ke area tambang, perkebunan, maupun daerah dengan kondisi jalanan yang kurang bagus.

Jika dibandingkan dengan mu-X yang ada di Thailand, mu-X yang di Indonesia bisa dibilang sangat sederhana. Padahal di sana, mu-X sudah dilengkapi dengan fitur canggih, salah satunya adalah Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Baca juga: Komparasi New Xpander Cross Versus All New BR-V, Pilih Mana?

Tampilan Isuzu MU-X generasi terbaru.headlightmag.com Tampilan Isuzu MU-X generasi terbaru.

Fitur yang disematkan dalam ADAS mu-X seperti Automatic Emergency Braking, Adaptive Cruise Control. Selain itu ada juga, Automatic High Beam, Lane Departure Watch, Blind Spot Monitoring dan masih banyak lagi.

Lalu apakah mu-X yang hadir di Indonesia nantinya bakal menggunakan fitur tersebut?
Yohanes Pratama, Chief Operation PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation mengatakan, kans atau kesempatan fitur ADAS hadir di Indonesia pasti ada, cuma masih tunggu tanggal mainnya.

“Kita juga ingin compete (bersaing) di market yang sama yakni 4x2 di mana penjualannya sampai 3.000 unit per bulan. Kami melihat fitur apa yang perlu dibawaw ke Indonesia untuk bisa bersaing,” ucapnya di Tangerang, belum lama ini.

Baca juga: Spesifikasi Minicab MiEV, Mobil Listrik Mungil yang Dicoba Jokowi

Untuk mu-X yang dihadirkan di Indonesia, karena peruntukannya kerja, jadi memang tidak disematkan fitur ADAS. Tetapi, banyak juga fitur penunjang off road yang sudah hadir, seperti rear radiator & intercooler protector, under body protector, sampai Rough Terrain Mode.

“Jadi sekarang 4x4 dulu untuk kendaraan kerja, sambil studi kita mengenai fitur apa yang paling pas dengan pengguna di Indonesia. Kita rencanakan tetap punya varian 4x2, tunggu tanggal mainnya,” ucap Attias Asril, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Akan sangat menarik jika mu-X memiliki fitur ADAS dijual di Indonesia. Mengingat untuk kelas SUV Medium dengan ladder frame, belum ada yang memiliki fitur ADAS pada mobilnya, jadi mu-X bisa menjadi yang pertama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.