Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur ADAS di All New Isuzu mu-X di Indonesia? Tunggu Tanggal Main

Kompas.com - 18/11/2021, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) belum lama ini memperkenalkan All New Isuzu mu-X di GIIAS 2021. Mu-X ditawarkan dalam satu varian yakni 4x4 dengan transmisi otomatis dan dibanderol Rp 559,9 juta.

Isuzu memang mengubah pendekatan untuk mu-X generasi terbaru di Indonesia untuk kendaraan kerja. Jadi bisa dibilang mu-X yang ada saat ini cocok untuk dibawa kerja ke area tambang, perkebunan, maupun daerah dengan kondisi jalanan yang kurang bagus.

Jika dibandingkan dengan mu-X yang ada di Thailand, mu-X yang di Indonesia bisa dibilang sangat sederhana. Padahal di sana, mu-X sudah dilengkapi dengan fitur canggih, salah satunya adalah Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Baca juga: Komparasi New Xpander Cross Versus All New BR-V, Pilih Mana?

Tampilan Isuzu MU-X generasi terbaru.headlightmag.com Tampilan Isuzu MU-X generasi terbaru.

Fitur yang disematkan dalam ADAS mu-X seperti Automatic Emergency Braking, Adaptive Cruise Control. Selain itu ada juga, Automatic High Beam, Lane Departure Watch, Blind Spot Monitoring dan masih banyak lagi.

Lalu apakah mu-X yang hadir di Indonesia nantinya bakal menggunakan fitur tersebut?
Yohanes Pratama, Chief Operation PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation mengatakan, kans atau kesempatan fitur ADAS hadir di Indonesia pasti ada, cuma masih tunggu tanggal mainnya.

“Kita juga ingin compete (bersaing) di market yang sama yakni 4x2 di mana penjualannya sampai 3.000 unit per bulan. Kami melihat fitur apa yang perlu dibawaw ke Indonesia untuk bisa bersaing,” ucapnya di Tangerang, belum lama ini.

Baca juga: Spesifikasi Minicab MiEV, Mobil Listrik Mungil yang Dicoba Jokowi

Untuk mu-X yang dihadirkan di Indonesia, karena peruntukannya kerja, jadi memang tidak disematkan fitur ADAS. Tetapi, banyak juga fitur penunjang off road yang sudah hadir, seperti rear radiator & intercooler protector, under body protector, sampai Rough Terrain Mode.

“Jadi sekarang 4x4 dulu untuk kendaraan kerja, sambil studi kita mengenai fitur apa yang paling pas dengan pengguna di Indonesia. Kita rencanakan tetap punya varian 4x2, tunggu tanggal mainnya,” ucap Attias Asril, General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Akan sangat menarik jika mu-X memiliki fitur ADAS dijual di Indonesia. Mengingat untuk kelas SUV Medium dengan ladder frame, belum ada yang memiliki fitur ADAS pada mobilnya, jadi mu-X bisa menjadi yang pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com