Beda Versi Isuzu Traga buat Ekspor dan Dalam Negeri

Kompas.com - 16/11/2021, 19:11 WIB
Isuzu Traga Blind Van DOK. IAMIIsuzu Traga Blind Van

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sejak tahun 2019 sudah mengekspor salah satu produk globalnya, yakni Isuzu Traga.

Kendaraan niaga bermesin diesel ini diekspor ke berbagai negara dan sudah memenuhi standar Euro 4. Namun jika dilihat Traga yang ditawarkan di Indonesia, mesin diesel yang digunakan hanya memenuhi standar emisi Euro 2 saja.

Sedangkan, pada April 2022 setiap kendaraan diesel yang diproduksi di Indonesia harus sudah memenuhi standar emisi Euro 4. Jadi nantinya, IAMI juga sudah tidak boleh memproduksi mesin diesel dengan standar emisi Euro 2.

Baca juga: Cerita Pengujian Xenia Baru di Tanjakan sampai Lintas Sumatra

Export Isuzu Traga di tahun 2019DOK. IAMI Export Isuzu Traga di tahun 2019

Kalau sudah ada mesin Traga yang memenuhi standar Euro 4, mengapa saat ini masih menjualnya dengan mesin diesel Euro 2?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tonton Eko, Product Development Division Head PT IAMI, selama regulasi tersebut belum bergulir, Traga yang ditawarkan saat ini di Indonesia tetap akan memakai mesin Euro 2.

“Kita sudah punya dua mesin, Euro 2 yang sekarang dan Euro 4 yang diekspor ke Filipina. Nanti tinggal pilih, kalau produksi per hari ini yang regulasi masih Euro 2, kasih yang Euro 2,” ucapnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, belum lama ini.

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Avanza Baru, Bisa Dicicil sampai 60 Kali

Tonton menambahkan, ketika regulasi sudah bergulir, mesin Traga yang Euro 4 bakal digunakan dan dijual di Indonesia. Jadi secara mesin, untuk Traga sudah siap untuk mengikuti standar Euro 4 di Indonesia pada April 2022.

“Ini (ekspor) kan sudah dari 2019, jadi sudah lama dan siap. Dari luar enggak ada ubahan apa-apa, mesinnya aja (diganti),” ucap Tonton.

Jadi saat April 2022, semua kendaraan yang diproduksi Isuzu sudah memenuhi standar emisi Euro 4. Kalau di diler masih ada stok produk Isuzu dengan mesin Euro 2, itu tinggal sisanya saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.