Jadi Global Model, All New Veloz Bakal Diproduksi di Luar Indonesia

Kompas.com - 11/11/2021, 08:31 WIB
Toyota All New Veloz VIOToyota All New Veloz

JAKARTA, KOMPAS.com - Resmi diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), All New Veloz bakal menjalani babak baru sebagai model global Toyota.

Tak hanya akan diekspor ke beberapa negara, namun generasi kedua Toyota Veloz rupanya juga akan diproduksi oleh negara di luar Indonesia.

"Salah satu yang istimewanya, Veloz ini akan diproduksi di beberapa negara. Jadi bila sebelumnya hanya di Indonesia, nantinya akan dibuat di negara lain," ujar Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN, saat konferensi pers, Rabu (10/11/2021).

Baca juga: Naik Kelas, Ini Harga Lengkap Toyota All New Avanza dan Veloz

All New Toyota VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Veloz

"Jadi Veloz ini naik kelas menjadi global model. Sebelumnya akan kita ekspor, tapi nanti kita akan mensuport aktivitas produksi yang akan dilakukan di negara lain," ujarnya.

Terkait soal ekspor, Bob menjelaskan Veloz generasi kedua akan diekspor ke-16 negara yang prosesnya bakal dimulai 2022 mendatang.

Untuk tujuannya terdiri dari pasar Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Asia Tenggara. Sementara proses ekspor hasil produksi Pabrik 2 Karawang, akan dilakukan dalam dua model, yakni CKD dan CBU.

Baca juga: Beda Selera Toyota All New Avanza dan Veloz

"Mengenai ekspor, pertama kami akan memenuhi kebutuhan untuk dalam negeri. Mudah-mudahan awal tahun depan sudah bisa diekspor ke-16 negara, dan untuk awal di Januari nanti kita mulai dari model CBU lebih dulu," ucap Bob.

All New Toyota VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Veloz

Dengan perubahan total yang membuat Veloz makin premium, Bob berharap MPV karya anak bangsa itu bisa menjadi salah satu produk andalan di pasar global. Terutama negara yang memiliki tipikal seperti Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.