Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi Global Model, All New Veloz Bakal Diproduksi di Luar Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Resmi diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), All New Veloz bakal menjalani babak baru sebagai model global Toyota.

Tak hanya akan diekspor ke beberapa negara, namun generasi kedua Toyota Veloz rupanya juga akan diproduksi oleh negara di luar Indonesia.

"Salah satu yang istimewanya, Veloz ini akan diproduksi di beberapa negara. Jadi bila sebelumnya hanya di Indonesia, nantinya akan dibuat di negara lain," ujar Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT TMMIN, saat konferensi pers, Rabu (10/11/2021).

"Jadi Veloz ini naik kelas menjadi global model. Sebelumnya akan kita ekspor, tapi nanti kita akan mensuport aktivitas produksi yang akan dilakukan di negara lain," ujarnya.

Terkait soal ekspor, Bob menjelaskan Veloz generasi kedua akan diekspor ke-16 negara yang prosesnya bakal dimulai 2022 mendatang.

Untuk tujuannya terdiri dari pasar Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Asia Tenggara. Sementara proses ekspor hasil produksi Pabrik 2 Karawang, akan dilakukan dalam dua model, yakni CKD dan CBU.

"Mengenai ekspor, pertama kami akan memenuhi kebutuhan untuk dalam negeri. Mudah-mudahan awal tahun depan sudah bisa diekspor ke-16 negara, dan untuk awal di Januari nanti kita mulai dari model CBU lebih dulu," ucap Bob.

Dengan perubahan total yang membuat Veloz makin premium, Bob berharap MPV karya anak bangsa itu bisa menjadi salah satu produk andalan di pasar global. Terutama negara yang memiliki tipikal seperti Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/11/083100315/jadi-global-model-all-new-veloz-bakal-diproduksi-di-luar-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke