Kompas.com - 10/11/2021, 17:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran generasi baru Toyota All New Veloz kali ini sangat berbeda dari sebelumnya. Tak hanya karena tampilan, platform, dan ragam fitur baru saja, tapi juga lantaran Veloz sudah resmi diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Hal ini menjadi penanda bila Avanza dan Veloz kini sudah tumbuh menjadi dua brand yang berbeda.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM mengatakan, pemisahan brand antara Veloz dan Avanza sebenarnya sudah dilakukan sejak lama, namun lebih terasa saat ini ketika generasi barunya meluncur.

"Sebenarnya kami sudah melihat adanya dua tipe segmen yang ada di kelas low MPV, karena itu kami mencoba untuk memenuhi kebutuhan tersebut karena memang berbeda," kata Anton dalam sesi konferensi pers peluncuran virtual generasi baru Avanza dan Veloz, Rabu (10/11/2021).

Baca juga: Spek Teknis Avanza Terbaru, Tenaga Lebih Besar dari Model Lama

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

"Sebab itu juga, secara desain pada generasi kedua Veloz ini kami buat lebih signifikan dan tetap mengikuti permintaan konsumen yang butuh utilitas seperti MPV namun desainya lebih SUV," lanjutnya.

Lebih lanjut Anton menjelaskan, meski secara desain mengarah ke SUV, namun Veloz tetap menjadi sebuah MPV. Secara desain, generasi baru Veloz berdasarkan survei yang dilakukan Toyota memiliki tampilan ke arah mobil dengan kisaran harga di atas Rp 250 jutaan.

Alasan itu pula yang mendasari bila Veloz dibuat lebih premium. Mulai dari visual yang lebih berani dan terlihat mewah, sampai penyematan fitur-fitur canggih yang banyak ditemui pada mobil dengan kisaran harga Rp 300 jutaan.

"Jadi pemisahan brand ini bukan semata-mata dari kami, tapi berdasarkan dari keinginan konsumen yang ada di segmen tersebut," ucap Anton.

Sebelumnya, Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT TAM mengatakan, Avanza dan Veloz kini hadir sebagai dua brand yang berbeda. Karena itu, pengembangan keduanya juga memiliki arah yang berbeda.

Baca juga: Naik Kelas, Ini Harga Lengkap Toyota All New Avanza dan Veloz

All New Toyota VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Veloz

"Veloz difokuskan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas yang lebih mementingkan sisi emosional, sementara Avanza bagi yang mencari partner mobilitas terbaik, yang dapat diandalkan, dan memberikan kenyamanan," ucap Henry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.