Bus Single Glass Baru PO Juragan 99, Punya Pandangan Los

Kompas.com - 05/11/2021, 08:22 WIB
Bus pariwisata baru PO Juragan 99 dari karoseri Adiputro. DOK. ADIPUTROBus pariwisata baru PO Juragan 99 dari karoseri Adiputro.

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Adiputro baru saja merilis satu unit bus milik PO Juragan 99. Berbeda dengan rilisan Adiputro lainnya, bus milik PO Juragan 99 ini menggunakan model single glass atau kaca tunggal.

Bodi bus yang dipilih PO Juragan 99 yaitu Jetbus 3+ MHD yang dipasang ke sasis Mercedes Benz OH 1626. Bodi tersebut punya kelebihan seperti bagasinya yang tembus sehingga lebih lega dan bisa memuat banyak barang.

Masih membahas soal bodinya, perbedaan bus ini terletak di bagian depan, di mana sudah tidak ada sekat yang memisahkan kaca depan. Keunggulan dari bus single glass adalah pandangan penumpang yang tidak terhalang ke arah depan.

Baca juga: Sanksi Tilang Uji Emisi di DKI Jakarta Batal Diberlakukan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Jika melihat ke bagian samping, bus berkelir hitam dengan livery merah ini menghilangkan selendang voyager atau ‘geprek’ khas Jetbus 3+. Jadi pandangan penumpang ke samping juga sangat leluasa, tidak ada selendang yang menhalangi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Untuk selendang, memang permintaan dari Juragan 99 untuk tidak dipasang,” ucap Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus karoseri Adiputro kepada Kompas.com, Kamis (4/11/2021).

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Penumpang Mobil Wajib Pakai Sabuk Pengaman

Kabin bus pariwisata PO Juragan 99DOK. ADIPUTRO Kabin bus pariwisata PO Juragan 99

Bisa dibilang, tampilan bodi Jetbus 3+ MHD ini cukup polos dengan tidak hadirnya bando di depan dan selendang di bagian samping. Walaupun begitu, salah satu yang diuntungkan dari model bus seperti ini adalah penumpang.

Masuk ke kabin, terdapat fasilitas berupa dispenser di bagian depan. Selain itu bangku juga disusun dua di kanan dan dua di kiri (2-2) namun tanpa sandaran kaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.