Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Penumpang Mobil Wajib Pakai Sabuk Pengaman

Kompas.com - 04/11/2021, 16:01 WIB
Mobil Pajero Sport Putih bernopol B 1264 BJU yang ditumpangi Vanessa Angel dan suaminya mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto, KM 672.400/A, Kamis (4/11/2021). Mobil Pajero Sport Putih bernopol B 1264 BJU yang ditumpangi Vanessa Angel dan suaminya mengalami kecelakaan lalu lintas di Tol Jombang-Mojokerto, KM 672.400/A, Kamis (4/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Andriansyah, mengalami kecelakaan maut di Tol Nganjuk arah Surabaya Kilometer 672+400A, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021).

Kecelakaan bermula saat mobil Pajero Sport berwarna putih dengan nomor polisi B 1284 BJU melaju dari arah Jakarta menuju Surabaya.

Saat melintas di Kilometer 672+400A, sopir diduga mengantuk sehingga terjadi insiden.

Mobil tiba-tiba menabrak beton pembatas kiri ruas tol karena sopir diduga mengantuk,” ucap Dirlantas Polda Jatim Kombes Usman Latif saat dikonfirmasi.

Baca juga: Kecelakaan Maut Vanessa Angel, Sopir Diduga Mengantuk

Akibatnya, dua penumpang mobil tersebut, yakni Vanessa Angel dan suaminya, meninggal dunia di tempat kejadian.

Saat kecelakaan terjadi, diketahui Vanessa Angel sedang tertidur di kursi belakang dan tidak menggunakan seat belt atau sabuk pengaman sehingga mengalami dampak kecelakan yang fatal.

Meski saat ini penggunaan sabuk pengaman atau safety belt baru diwajibkan bagi pengemudi mobil dan juga penumpang yang duduk di sampingnya, bukan berarti penumpang yang duduk di bangku belakang tidak perlu menggunakan sabuk pengaman.

Ilustrasi kecelakaan tanpa seat belt belakangtheaustralian.com.au Ilustrasi kecelakaan tanpa seat belt belakang

Keberadaan sabuk pengaman bagi penumpang di kursi baris kedua dan ketiga juga tak kalah pentingnya.

Salah satunya adalah untuk menjaga tubuh penumpang agar tidak ikut terpental saat terjadi kecelakaan.

“Karena bila penumpang belakang tidak menggunakan sabuk pengaman atau safety belt maka saat tabrakan terjadi penumpang dapat terpental-pental,” ucap Training Direction The Real Driving Center (RDC), Marcell Kurniawan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.