Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bodi Bus dengan Panoramic Roof Milik PO Safari Dharma Raya

Kompas.com - 03/11/2021, 17:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mendengar sebutan ‘panoramic roof’ mungkin yang akan dibayangkan adalah atap mobil dari kaca. Fitur tersebut memang awam hadir pada kendaraan penumpang, namun panoramic roof juga hadir pada bus buatan karoseri di Indonesia.

Misalnya seperti dalam unggahan Business Development Manager Safari Dharma Sakti (PO Safari Dharma Raya) Marissa di Instagram pribadinya. Lewat akun @mirassun, Marissa mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan kabin bus dengan atap kaca.

Dalam keterangan foto tersebut pun tertulis kalau bus yang digunakan memakai sasis O500R 1836 dari Mercedes Benz yang dipadukan dengan bodi buatan karoseri Morodadi Prima. Tertulis juga kalau bus tersebut merupakan edisi pertama Half-Panoramic Roof High Deck.

Baca juga: 3 Hari Uji Emisi Gratis di Kota Tangerang, Ini Lokasinya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Marissa OBL (@mirassun)

 

Kami pun melakukan konfirmasi ke karoseri Morodadi Prima terkait bodi bus apa yang digunakan PO Safari Dharma Raya ini. Donny Cahyadi, Marketing karoseri Morodadi Prima mengatakan, bodi bus tersebut merupakan model Tourismo lansiran 2012.

“Spesifikasinya standar, audio AC dan toilet. Untuk panoramic roof itu masih bisa dipesan untuk saat ini,” ucap Donny kepada Kompas.com, Rabu (3/11/2021).

Panoramic roof tersebut tidak full dari bagian depan sampai belakang atap, melainkan hanya dari tengah ke belakang. Hal ini dikarenakan di bagian atap sisi depan bus, terdapat kondensor AC.

Baca juga: Begini Cara Mengecek Kendaraan yang Belum Lulus Uji Emisi

bus sky viewyoutube bus sky view

“Bagi yang mau pasang, bisa tambah kisaran Rp 17 jutaan,” ucap Donny.

Sebelumnya, karoseri seperti Adiputro juga memiliki bodi bus dengan atap kaca dengan tajuk sky view. Sedangkan karoseri Laksana dan Tentrem juga memasang pintu emergency yang ada di atap dengan model kaca di bus tingkatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com