Masuk Musim Hujan, Ini Ciri Wiper Perlu Diganti

Kompas.com - 04/11/2021, 18:41 WIB
Karet Wiper toyotadisamarinda.comKaret Wiper

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim hujan kembali melanda daerah DKI Jakarta dan sekitarnya. Bagi pemilik mobil, hujan memang bukan menjadi penghalang ketika harus pergi ke luar rumah.

Namun, salah satu komponen yang harus diperhatikan ketika hujan-hujanan naik mobil adalah kondisi wiper. Ketika musim kemarau, wiper memang jarang digunakan, tetapi saat musim hujan, perannya jadi sangat krusial.

Sama seperti komponen kendaraan lain, wiper juga perlu diganti secara rutin. Jadi ketika musim hujan, wiper tetap berfungsi sebagaimana mestinya, menyapu air yang menempel di kaca dengan baik.

Baca juga: Ducati Kasih Lampu Kuning buat Jack Miller

Ilustrasi berkendaraa saat hujan.CarGuide.PH Ilustrasi berkendaraa saat hujan.

Lalu apa saja ciri wiper yang perlu diganti?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maria Kayla Augusta, Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia memberikan beberapa ciri jika wiper sudah harus diganti. Wiper yang terbuat dari karet, tentu akan mengalami getas atau kering, sehingga mengeluarkan suara dan kemampuan menyapu airnya berkurang.

“Kapan mengganti wiper lama dengan yang baru, ada tiga indikator. Pertama jika sapuan wiper tidak menyisakan setetes air, itu artinya kondisi masih bagus,” ucapnya pada acara Bosch Bengkel Talks, Kamis (4/11/2021).

Baca juga: Diskon Avanza dan Xenia Model Lama Tembus Rp 25 Juta

Kedua, jika setelah menyalakan wiper dan di kaca menyisakan garis-garis air atau di bagian tepi tidak tersapu dengan baik, artinya segera rencanakan untuk membeli wiper baru.

“Terakhir, jika masih ada sisa air dan berkabut, artinya harus segera ganti wiper dengan yang baru. Kalau bisa jangan sampai berkendara dengan mobil itu sebelum ganti wiper, karena saat hujan lebat bisa membahayakan,” kata dia.

Untuk wiper, sebaiknya diganti antara enam bulan sampai satu tahun sekali. Jika wiper sudah mengalami beberapa indikator yang disebutkan di atas, lebih baik segera rencanakan untuk mengganti wiper lama dengan yang baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.