Diskon Avanza dan Xenia Model Lama Tembus Rp 25 Juta

Kompas.com - 03/11/2021, 14:02 WIB
Toyota Avanza Tipe G Doc Sales ToyotaToyota Avanza Tipe G

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan di pasar mobil low multi purpose vehicle (LMPV) alias MPV murah di Indonesia kerap terjadi hampir tiap tahun.

Termasuk pada akhir tahun ini, jelang perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, sejumlah produsen mulai merilis teaser-teaser penanda model mobil baru akan segera meluncur.

Contohnya datang dari Toyota dan Daihatsu. Kedua nama besar ini sudah terkenal kerap mengandalkan produk kolaborasinya, Avanza dan Xenia, untuk meramaikan kontestasi pasar MPV murah.

Baca juga: Begini Pengecekan Syarat Perjalanan Transportasi Darat di Jawa-Bali

Kabar peluncuran generasi terbaru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pun sudah ramai dibicarakan. Berbagai besutan menarik bakal disematkan, salah satunya yakni kabar bahwa kedua mobil tersebut akan mulai menganut sistem penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD).

Umumnya, peluncuran versi facelift atau generasi baru sebuah mobil turut jadi pertanda bahwa versi yang saat ini tengah dipasarkan akan mendapatkan promo diskon.

Ilustrasi gambar render Daihatsu Xenia baruBagas Satria Akbar & Radya Triadhie Ilustrasi gambar render Daihatsu Xenia baru

Redaksi Kompas.com pun mencoba memantau di sejumlah diler untuk memastikan informasi mengenai promo diskon tersebut. Dari Toyota, Avanza mendapatkan diskon tambahan di luar program PPnBM hingga nominal Rp 25 juta.

"Diskon Avanza semua tipe up to Rp 25 juta, bukan untuk tipe baru yang akan dirilis. Nanti diskon dimasukkan dalam hitungan DP," ujar salah satu pramuniaga diler Toyota di Jakarta Selatan, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Avanza-Xenia Generasi Baru Siap Meluncur, Simak Kelebihan dan Kekurangan Mobil FWD

Daihatsu pun turut memberikan program diskon untuk Xenia menjelang peluncuran generasi terbarunya. Menurut penuturan salah satu pramuniaga di bilangan Jakarta Timur, Xenia tipe X baik varian transmisi manual maupun matik mendapatkan diskon hingga Rp 15 juta.

Sama seperti program diskon pada Avanza, promo untuk Xenia ini juga nantinya akan dimasukkan dalam kalkulasi DP sehingga uang muka yang dibayarkan konsumen jadi lebih ringan.

Sebagai informasi, saat ini Toyota Avanza dibanderol pada harga Rp 180-210 jutaan, dengan varian Veloz GR Limited yang dijual hingga angka Rp 240 jutaan. Sementara Daihatsu Xenia yang tinggal tersisa tipe X dibanderol pada harga Rp 180-200 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.