Kompas.com - 03/11/2021, 10:02 WIB
Motor konversi Honda C70 yang kini berubah jadi listrik Foto: Insan Motor BekasiMotor konversi Honda C70 yang kini berubah jadi listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren konversi sepeda motor bermesin bakar menjadi listrik semakin marak. Salah satunya ialah ubahan motor bebek Honda C70 yang kini berubah jadi E-Supercub.

Yustinus Erwan Santoso, builder Insan Motor Bekasi mengatakan, motor datang ke bengkelnya dalam keadaan sudah hasil custom. Tapi karena yang punya tidak puas akhirnya diserahkan ke dirinya.

Baca juga: Memanfaatkan Fitur yang Ada di Toyota Raize GR Sport TSS

Motor konversi Honda C70 yang kini berubah jadi listrikFoto: Insan Motor Bekasi Motor konversi Honda C70 yang kini berubah jadi listrik

"Tadinya bikinan bengkel lain. Awalnya ini bobber tapi kurang rapih, pakai ban gede yang lebar. Akhirnya dikustom ulang," kata Yus panggilan akrab, kepada Kompas.com, Rabu (2/11/2021).

Akhirnya oleh Yus motor dirombak ulang. Bodi lama semua dicopot dan diganti baru. Ban dan suspensi depan belakang, serta hub semua diganti baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ganti konsep dari Supercub bobber, tadinya yang punya tetap minta ban besar. Buat tampilan memang bagus cuma karena ini motor listrik bebannya bakal besar, sayang. Akhirnya yang punya ikut," katanya.

Motor konversi Honda C70 yang kini berubah jadi listrikFoto: Insan Motor Bekasi Motor konversi Honda C70 yang kini berubah jadi listrik

Baca juga: Harga City Car per November 2021, Suzuki Ignis Naik Mulai Rp 4 Jutaan

"Saya bangun ulang dari bodi lama, shock depan buang semua, jadi yang lama enggak kepakai, pelek juga ganti, sok depan belakang, hitungannya hampir semua ganti," kata Yus.

Beres eksterior kemudian beralih ke mesin. Yus mengatakan saat datang motor sudah diokonversi jadi listrik. Dia hanya membuat pengerjaan jadi lebih rapih.

"Yang lama sudah (jadi) listrik, cuma pengerjaan kurang rapih kelistrikannya. Motor listriknya di hub baterainya ditaruh di bagian mesin. Dari samping baru kelihatan," katanya.

Motor konversi Honda C70 yang kini berubah jadi listrikFoto: Insan Motor Bekasi Motor konversi Honda C70 yang kini berubah jadi listrik

Yus mengatakan mengganti baterai dengan kapasitas lebih besar supaya jarak tempuh bisa lebih jauh. Sayangnya dia belum mengetes rinci berapa jarak yang bisa dijangkau.

"Top speed-nya kencang bisa 80 kpj, entakannya tahu sendiri kalau motor listrik. Daya jangkaunya juga lumayan tapi saya belum coba sampai abis. Tapi jarak tempuh lebih jauh," katanya.

Yus mengatakan spesifikasi motor listrik mamakai dinamo berdaya 2.000 watt disokong baterai berkapasitas 72 Volt 20 Ah. Adapun kontroller memakai Votol EM 100.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.