Memanfaatkan Fitur yang Ada di Toyota Raize GR Sport TSS

Kompas.com - 02/11/2021, 19:42 WIB
test drive Toyota Raize dok TAMtest drive Toyota Raize

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi varian tertinggi pada sport utility vehicle (SUV) kompak terbaru dari Toyota, Raize GR Sport TSS menghadirkan paket keselamatan lengkap untuk kebutuhan berkendara harian yang canggih.

Bahkan, kemudahan tersebut juga hadir saat pengguna ingin memarkirkan kendaraan di wilayah yang kurang mendukung dan terbatas. Meski begitu, bukan berarti Anda bisa melepas tanggung jawab ketika berkendara.

Adapun fitur yang dimaksud ialah Lane Departure Assist with Steering Control, Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, sampai Pedal Missoperation Control.

Baca juga: Estimasi Konsumsi BBM Raize GR Sport TSS di Dalam Kota

Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSSKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Raize GR Sport Two Tone Non-TSS

Selama penggunaan, tim redaksi Kompas.com mencoba seluruh fitur yang disediakan oleh Riaze GR Sport TSS. Secara umum, sangat memuaskan dan mudah pengoperasian hanya saja pada beberapa kondisi kurang optimal.

Fitur pertama yang dicoba adalah cruise control yang sudah dapat mengikuti kondisi lalu lintas dengan mendeteksi kendaraan yang berada di depan. Cara pengaktifannya cukup mudah, hanya melalui tombol di sitr kemudi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengemudi bisa mengatur kecepatan dan jarak terhadap kendaraan di depan dengan tiga level. Sehingga, mampu mengurangi potensi tabrakan. Apabila jaraknya cukup dekat, kecepatan akan berkurang secara optomatis atau ada peringatan dari layar MID.

Namun sayangnya dalam layar tersebut, tidak ada animasi mobil di depan. Jadi, penggunaannya cukup was-was dan kurang optimal.

Kemudian ada fitur Front Departure Alert (FDA), yang mana bila mobil cukup dekat dengan kendaraan di sekitar, akan muncul suara peringatan. Sensor pada Raize GR Sport TSS terbilang cukup sensitif, jadi jangan heran akan sering berbunyi ketika padat kendaraan.

Baca juga: Biaya Perawatan Raize GR Sport hingga 100.000 Kilometer

Test drive Toyota Raizedok TAM Test drive Toyota Raize

Belum usai sampai di sana, mobil juga disematkan Vehicle Stability Control (VSC). Saat pengujian kami, mobil terasa lebih presisi ketika bermanuver saat kecepatan tinggi. Mencegah terjadi understeering yang mengakibatkan hilang kendali.

Guna memastikan pengendara selalu awas saat berkendara, Lane Departure Assist with Steering Control pada Raize GR Sport TSS berkerja optimal. Ketika mobil keluar dari garis marka jalan lurus, akan bunyi suara peringatan serta stir kemudi berupaya mengoreksinya agar kembali ke jalur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.