Alasan Kenapa Cuma Sedikit Mobil yang Pakai Fog Lamp Belakang

Kompas.com - 02/11/2021, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Fitur fog lamp belakang biasanya hadir di mobil dari merek Eropa, misalnya seperti BMW, MINI, dan lainnya. Fog lamp atau lampu kabut yang ada di belakang ini berwarna merah saat dinyalakan.

Fungsi dari fog lamp belakang adalah memberi tahu kendaraan di belakang akan keberadaan mobil kita, terutama diaktifkan saat hujan lebat atau berkabut. Namun, seperti tadi diucapkan di awal, tidak banyak mobil yang memiliki fitur ini.

Sebelumnya, Toyota Vios generasi kedua (2007-2013) memiliki fog lamp belakang. Namun untuk generasi selanjutnya dan sampai yang saat ini, fitur fog lamp belakang ini sudah tidak ada, diganti dengan reflektor berwarna merah.

Baca juga: PO Bagong Rilis Lagi Bus Baru dari Karoseri Tentrem

Desain Toyota Vios terbaru di Filipina secara umum tidak mengalami ubahan yang signifikanautoindustriya.com Desain Toyota Vios terbaru di Filipina secara umum tidak mengalami ubahan yang signifikan

Lalu mengapa fitur tersebut mulai dihilangkan?

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, fitur tersebut memang lumrah untuk mobil yang ada di eropa, mungkin juga menyesuaikan dengan kondisi cuaca di sana.

“Kalau di Indonesia, reflektor saja dirasa cukup untuk kondisi cuacanya,” ucap Didi kepada Kompas.com, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Biaya Kepemilikan Mobil Listrik Lebih Murah daripada Mobil ICE?

Menurut Didi, dengan kondisi cuaca di Indonesia yang hanya terdiri dari hujan dan kering, mobil dengan fog lamp belakang malah bisa mengganggu kendaraan di belakang. Jadi ketika dinyalakan, fog lamp belakang dirasa menyilaukan.

“Terangnya fog lamp belakang itu seperti lampu rem yang menyala. Kadang ada saja pengguna mobil di Indonesia yang menyalakan fog lamp belakang padahal tidak hujan,” kata Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.