Mobil yang Dijual di Indonesia Apa Perlu Dipasang Fog Lamp Belakang?

Kompas.com - 02/11/2021, 18:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu perangkat yang terpasang pada kendaraan tepatnya di bagian belakang adalah lampu kabut atau fog lamp. Berbeda dengan di bagian depan, fog lamp belakang warnanya merah, bukan putih.

Fog lamp yang ada di bagian belakang ini berfungsi ketika mobil melewati kondisi cuaca yang buruk seperti berkabut dan hujan, mobil bisa terlihat oleh kendaraan yang ada di belakangnya.

Biasanya, mobil-mobil merek Eropa atau Amerika memiliki fog lamp sebagai standar bawaan pabrik. Namun untuk mobil yang ada di Indonesia, misalnya dari merek Jepang, tidak menyertakan fog lamp belakang.

Baca juga: Beda dengan Toyota, Daihatsu Pilih Luncurkan Xenia di GIIAS

Desain bemper belakang dan lampu kabut juga berubah.Kia/Carscoop Desain bemper belakang dan lampu kabut juga berubah.

Lalu, apa perlu mobil yang ada di Indonesia memasang fog lamp belakang?

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, fog lamp belakang banyak digunakan di mobil Eropa karena di negara asalnya, punya empat musim, misalnya berkabut dan bersalju.

“Sehingga lampu fog lamp yang di belakang berwarna merah itu membantu pengemudi di belakang lebih jelas melihat kendaraan yang ada di depan. Tetapi kalau di Indonesia, menurut saya enggak urgent (mendesak),” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Daihatsu Rocky Hybrid Meluncur, Simak Daftar Harganya

Sony mengatakan, di Indonesia hanya terdiri dari dua musim, kemarau dan hujan. Sekalipun cuacanya ekstrem, tidak separah di Eropa, jadi tidak perlu memakai fog lamp belakang, cukup nyalakan lampu utama saja, lampu belakang sudah menyala cukup terang.

“Tapi enggak apa-apa kalau mau dipasang (modifikasi) biar terlihat beda, seperti mobil bergaya JDM atau semacamnya. Yang pasti jangan sampai terangnya fog lamp belakang tidak menyilaukan pengendara di belakangnya,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.