Avanza-Xenia Generasi Baru Siap Meluncur, Simak Kelebihan dan Kekurangan Mobil FWD

Kompas.com - 02/11/2021, 17:12 WIB
Bocoran Foto Toyota Avanza Veloz Generasi Baru INSTAGRAM/@indra_fathanBocoran Foto Toyota Avanza Veloz Generasi Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru dari mobil keluarga 7-penumpang kembar, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dipastikan meluncur pada bulan ini, seiring dihelatnya pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Berbagai besutan menarik bakal disematkan, seperti penggunaan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan mekanisme penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD).

Bahkan, kini beberapa diler resmi perseroan telah membuka pemesanan awal mobil terkait dengan uang jadi Rp 5 juta. Dana tersebut akan dijadikan faktor pengurang saat harga jual resmi mobil dirilis.

Baca juga: Lawan Avanza-Xenia, Mitsubishi Lebih Awal Luncurkan Xpander Facelift

Ilustrasi gambar render Daihatsu Xenia baruBagas Satria Akbar & Radya Triadhie Ilustrasi gambar render Daihatsu Xenia baru

Lantas, apa kelebihan mobil dengan penggerak roda depan? Dilansir dari situs Auto2000, skema terkait memiliki keunggulan dari hal efisiensi bahan bakar dan kenyamanan.

Pasalnya, posisi mesin, girboks dan as roda searah dan semuanya berada di depan. Respons mesin tersalurkan dengan lebih optimal sehingga membuat konsumsi bensin lebih irit lantaran tenaga tidak banyak tereduksi.

"Karena konstruksinya lebih ringkas dan kompak, maka bobot keseluruhan mesin hingga as roda dapat dipangkas supaya lebih ringan," kata Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, Selasa (2/11/2021).

Selain itu, posisi mesin pada penggerak roda depan umumnya melintang (tranverse) yang memberi dampak ruang mesin dapat didesain lebih kompak guna membuat kabin lebih lega.

Dengan dimensi yang sama dengan mobil RWD (Rear Wheel Drive), kabin mobil FWD bakal lebih luas dan nyaman. Tidak adanya poros penerus tenaga ke as roda belakang juga membuat lantai kabin rata dan lebih senyap karena minim vibrasi.

Baca juga: Avanza-Xenia Beralih ke FWD, Bagaimana Wuling Confero?

Bocoran Foto Toyota Avanza Veloz Generasi BaruINSTAGRAM/@indra_fathan Bocoran Foto Toyota Avanza Veloz Generasi Baru

"Meski demikian, sistem penggerak roda depan tetap memiliki kekurangan. Pertama adalah beban kerja area kaki-kaki depan mulai dari roda, kemudi, hingga suspensi lebih berat lantaran tugasnya sebagai penggerak sekaligus kemudi, termasuk menahan beban mobil ketika pengereman," ujar dia.

Kondisi tersebut berpengaruh pada usia pakai beberapa komponen penggerak roda depan, terutama as roda yang mudah termakan usia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.