IMI Targetkan Lebih Banyak Sirkuit di Indonesia

Kompas.com - 30/10/2021, 17:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, sebentar lagi akan digunakan untuk ajang balap internasional. Selain Mandalika, Ikatan Motor Indonesia (IMI) berencana untuk meresmikan lebih banyak lagi sirkuit.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, mengatakan, IMI sudah memiliki beberapa rencana besar. Salah satunya adalah mempersiapkan sirkuit untuk Formula 1 di Pulau Bintan.

Baca juga: Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Wajib Punya Tingkat Keamanan Tinggi

"Kita juga sudah mempersiapkan Tanjung Lesung sebagai pusat kegiatan otomotif baru, multi sport. Mulai dari drag race, drag bike, motocross, off road, itu ada nanti di Tanjung Lesung, di atas tanah seluas 83 hektar," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet, di Jakarta, belum lama ini.

Ilustrasi mobil balap di Sirkuit Sentul pada ISSOM Round 4 (17/10/2021).KOMPAS.com/ARIS HARVENDA Ilustrasi mobil balap di Sirkuit Sentul pada ISSOM Round 4 (17/10/2021).

Bamsoet menambahkan, dirinya baru saja meresmikan tempat untuk kegiatan reli di Hambalang, dekat Sentul. Meskipun, baru sekitar 5 hektar lahan yang diresmikan. Bamsoet mengatakan, nantinya akan ada juga kegiatan-kegiatan lain di sana.

"Begitu juga di Surabaya, Blackstone Otomotif Superblock (BOS) di atas tanah 6 hektar, di tengah kota Surabaya, dekat bandara. Mudah-mudahan Desember ini bisa kita luncurkan sebagai kegiatan otomotif baru. Tempat untuk drag race permanen di Surabaya," kata Bamsoet.

Baca juga: 350 Orang Marshal Siap Kawal Balapan di Sirkuit Mandalika

Menurut Bamsoet, semakin banyak sirkuit, maka semakin baik untuk Indonesia. Dengan begitu, pebalap lokal juga bisa semakin berkembang.

Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit SentulIstimewa Test ride Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul

Hingga saat ini, sirkuit internasional di Indonesia masih sangat sedikit. Selain Mandalika, ada Sentul International Circuit dan Sentul International Karting Circuit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.