Tidak Disarankan Isi Radiator Pakai Air Keran, Ini Alasannya

Kompas.com - 27/10/2021, 15:12 WIB
Ilustrasi reservoir air radiator autoguru.com.auIlustrasi reservoir air radiator

JAKARTA, KOMPAS.com - Radiator berperan penting dalam menjaga kestabilan suhu mesin mobil. Dengan cairan coolant yang diedarkan, suhu mesin tidak akan melonjak parah hingga mengalami overheat.

Sayangnya masih ada pemilik mobil yang menganggap cairan coolant bisa digantikan dengan air keran. Alasannya, lebih mudah didapatkan dan murah biaya.

Apalagi secara fungsi air keran juga bisa mendinginkan suhu mesin melalui sirkulasi ke dalam sistem menggunakan pompa. Cairan akan mengalir ke dalam jalur sekitar silinder blok mesin dan kembali ke thermostat.

Baca juga: 2 Unit Jetbus 3+ UHD Milik PO STJ Siap Diluncurkan

Padahal air keran tidak disarankan untuk dijadikan sebagai pengganti cairan coolant. Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi, menjelaskan bahwa air biasa tidak bisa mendinginkan suhu secara optimal. Jika dipakai secara terus-menerus akan mengakibatkan hambatan.

Coolant Radiatoren.wikipedia.org Coolant Radiator

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selain itu, coolant juga mampu menahan korosi di dalam saluran radiator hingga water jacket di dalam mesin. Kalau air keran tidak memiliki fungsi itu," ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Sapta mengatakan bahwa penggunaan air keran sebagai pengganti coolant secara terus-menerus akan beresiko memunculkan endapan dan menyebabkan sirkulasi cairan pendingin bisa terhambat.

Baca juga: Spesifikasi Sedan Mewah Genesis Electrified G80, Mobil KTT G20 di Bali

Selain itu, warna pada coolant bermanfaat sebagai penanda jika radiator mengalami kebocoran. Jika radiator hanya diisi air keran yang berwarna bening, bisa saja kebocoran radiator tidak terdeteksi sejak dini.

Penggunaan air keran untuk mengisi radiator sah saja jika dalam kondisi darurat. Namun jangan dijadikan sebagai suatu kebiasaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.