Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Sedan Mewah Genesis Electrified G80, Mobil KTT G20 di Bali

Kompas.com - 26/10/2021, 13:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMobil listrik dari brand mewah Genesis siap menjadi mobil VIP petinggi negara yang mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada kuartal keempat 2022.

Penunjukan ini diungkapkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sebuah kegiatan pameran bertajuk ‘The Future EV Ecosystem for Indonesia’.

“Penunjukan ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat menghadirkan Electtrified G80 di KTT G20 di Bali 2022,” ucap Jay Chang, Global Head of Genesis Brand dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (25/10/2021).

Baca juga: Ramai Soal Pelat Mobil RFS yang Dipakai Rachel Venya, Ini Aturannya

Genesis Electrified G80Ning Li Genesis Electrified G80

Merek Genesis sendiri memang belum sering terdengar di Indonesia. Bagaikan Lexus yang menjadi merek premium dari Toyota, Genesis adalah merek otomotif mewah dari Hyundai Motor Group.

Soal spesifikasinya, Electrified G80 merupakan produk mobil listrik pertama dari Genesis yang mengambil basis dari sedan premium Genesis G80. Sebelum membahas soal baterai dan motor listrik, kita lihat dulu desain eksteriornya.

Secara umum, Electrified G80 punya desain yang sama dengan saudaranya. Misalnya seperti gril depan yang berbentuk G-Matrix khas mobil-mobil Genesis dengan motif diamond. Serta di bagian depan ini terdapat charging door yang tersembunyi.

Baca juga: Pesaing Kawasaki W250 Meluncur, Kental Nuansa Retro

Punya dimensi panjang 5,005 meter, lebar 1,925 meter, dan tinggi 1,475 meter, Electrified G80 bisa dibilang sedan mewah berukuran besar (luxury sedan). Hal ini terlihat dari bagian samping dengan ornamen krom yang manis serta pelek berukuran 19 inci model turbin.

Pada bagian belakang, terdapat kombinasi lampu yang cantik dengan sistem LED. Mobil ini juga menghilangkan lubang knalpot pada desain bumper belakangnya yang diklaim membantu aerodinamis mobil.

Electrified G80 punya baterai listrik berkapasitas 87,2 kWh yang dihubungkan ke dua motor listrik di roda depan dan belakang. Tenaga yang dihasilkan dari dua motor listrik ini sebesar 272 kW atau setara 364,7 TK dan torsi 700 Nm.

Genesis Electrified G80MJ Genesis Electrified G80

Elecrified G80 diklaim punya daya jelajah sampai 427 km dengan baterai penuh. Untuk mengisi dayanya, hanya 22 menit dari 10 persen ke 80 persen dengan rapid charging 800 V dan jika memakai 11 kW standard charger, dari 10 persen ke 100 persen butuh waktu 9 jam.

Masuk ke bagian kabin, tentu Electrified G80 dibalut dengan kemewahan namun memakai bahan yang ramah lingkungan. Misalnya di bagian wood panel memakai recycled wood, dan nappa leather seatsdengan natural dyes.

Selain itu juga pengemudi akan menikmati berbagai fitur canggih di kabinnya, seperti instrument cluster full LED serta layar infotainment system touch screen berukuran 14,5 inci. Salah satu fitur unggulan di infotainment system ini adanya Augmented Reality Navigation.

Genesis Electrified G80GENESISNEWSUSA.COM Genesis Electrified G80

Fitur yang disematkan pada Electrified G80 juga melimpah, misalnya untuk keselamatan, di kabin, terdapat 10 airbags. Selain itu juga terdapat fitur canggih seperti line following/keeping assist, blind spot dan forward collision avoidance assist, safe exit assist, rear guide lamps, dan forward attention warning.

Kemudian disematkan juga driving assist seperti intelligent lighting, highway driving assist, navigasi yang berbasis smart cruise control dan masih banyak lagi.

Untuk harganya, menurut konfigurasi di website Genesis, untuk tipe standar tanpa option, ada di 88,91 juta won atau setara Rp 1,083 miliar. Namun harga tadi bakal bertambah jika berbagai option dimasukkan ke konfigurasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com