Seberapa Perlu Pasang GPS Tracker di Kendaraan?

Kompas.com - 22/10/2021, 16:21 WIB
SUPERSPRING GPS Tracker C20 DOK. SUPERSPRINGSUPERSPRING GPS Tracker C20
|

JAKARTA, KOMPAS.com - GPS Tracker semakin banyak dipakai pada kendaraan bermotor. Fungsinya ialah sebagai alat pelacak posisi yang dapat digunakan jika mobil atau motor digasak maling.

Namun timbul pertanyaan seberapa perlu pemilik kendaraan memakai GPS Tracker. Sebab saat ini banyak perangkat pengaman eksternal mulai dari alarm, kunci tambahan hingga kunci rahasia.

Baca juga: Di Mana Tempat Aman Menaruh GPS Tracker Agar Maling Bingung?

Tersangka maling motor dan barang bukti motor yang disita Polsek Kenjeran, Surabaya. SURYA.co.id/M Zainuddin Tersangka maling motor dan barang bukti motor yang disita Polsek Kenjeran, Surabaya.

Ade Habibie, Chief of Media and Brand Activation PT Super Spring, penyedia GPS Tracking System, mengatakan,penilaian itu balik ke pemilik tapi sebagai pengaman tambahan kendaraan maka perlu.

"Menurut saya perlu namanya pengaman, dulu kita anggap asuransi badan tidak penting ternyata penting sekali," kata Ade kepada Kompas.com, kamis (21/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Harga GPS itu tidak sampai 1 persen dari harga mobil, di motor juga tidak sampai 10 persen harga motor, dengan ini bisa dibilang GPS alat pengaman tambahan di luar alarm dan asuransi mobil," katanya.

Baca juga: Bukan BR-V, Honda World Premier Model Baru di GIIAS 2021

Maling mengincar apa pun kelengahan pemilik mobil.Telegraph Maling mengincar apa pun kelengahan pemilik mobil.

Untuk ilustrasi, Ade mengatakan, di tempatnya GPS Tracker untuk motor dibanderol Rp 1, 2 jutaan garansi dua tahun, sedangkan untuk mobil ada beberapa tipe harganya mulai Rp 1,4 juta - Rp1,7 juta.

"Tapi kita dengan balik ke aftersales-nya. Menurut saya kalau mau cari yang murahnya saja tidak usah, lebih baik pasang alarm dan kunci rahasia karena tidak ada aftersales-nya," kata Ade.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.