Di Mana Tempat Aman Menaruh GPS Tracker Agar Maling Bingung?

Kompas.com - 22/10/2021, 08:42 WIB
Ilustrasi maling mobil saat parkir di luar rumah https://www.allstate.com/Ilustrasi maling mobil saat parkir di luar rumah


JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak ada kendaraan yang benar-benar aman dari maling. Berpatokan pada pemahaman itu maka tak sedikit yang menambahkan GPS Tracker pada kendaraannya.

Tujuannya ialah jika kendaraan berhasil dibawa kabur posisinya bisa dilacak. Tapi itu juga masih belum tentu berhasil, maling yang pintar akan mengetahui mobil atau motor itu sudah dipasangi GPS Tracker kemudian mencopotnya.

Baca juga: Harga Tiket Resmi Nonton WorldSBK Mandalika, Paling Murah Rp 795.000

Karena itu Ade Habibie, Chief of Media and Brand Activation PT Super Spring, penyedia GPS Tracking System, mengatakan, teknisi yang memasang GPS Tracker mesti kreatif dalam menyembunyikan modul.

SUPERSPRING GPS Tracker C20DOK. SUPERSPRING SUPERSPRING GPS Tracker C20

"Tergantung teknisi. Teknisi yang berpengalaman, kabel-kabel akan disamarkan, juga posisi (unitnya) ditaruh di tempat yang tidak umum," kata Ade kepada Kompas.com, Kamis (22/10/2021).

"Kebanyakan orang memasang di balik dashboard (mobil) itu sudah umum. Kalau kita banyak tempat buat masang jadi kabel dan tempatnya disamarkan jadi orang mau cari possi GPS-nya agak susah," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ade mengatakan, saat ini maling profesional pasti sudah peduli dengan adanya GPS Tracker.

Baca juga: Kontribusi Traga Pada Penjualan Isuzu di Indonesia

Tangkapan layar video pencurian sepeda motor di kawasan Buaran, Serpong, Tangerang Selatan.Dokumentasi Pribadi Tangkapan layar video pencurian sepeda motor di kawasan Buaran, Serpong, Tangerang Selatan.

"Untuk motor kita taruh di tempat yang agak susah dibuka. Motor kan ada bagian yang kalau mau dibuka juga ribet harus buka beberapa panel dulu. Nah itu bisa ditaruh di situ," kata Ade.

Kesulitannya kata Ade jika maling tersebut tidak bekerja sendiri alias punya tim. 

"Tapi kalau malingnya tim, motor sampai di markas mereka langsung dibongkar. Pengalaman kami begitu soalnya. Pernah kami (polisi) dapati motor yang baru kemalingan dua jam pas sampai lokasi sudah peretelan semua," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.