Bye Bye Honda Jazz, Resmi Disuntik Mati di Thailand

Kompas.com - 19/10/2021, 14:21 WIB
Honda Jazz Thailand setop produksi facebook.com/JimmySoupedUpThailandHonda Jazz Thailand setop produksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Produksi Honda Jazz akhirnya dihentikan di Thailand, setelah 20 tahun produksi di pabrik Honda Provinsi Prachinburi, Thailand.

Momen haru perpisahan pada Honda Jazz generasi pun viral di media sosial.

Dalam unggahan tersebut terlihat beberapa pegawai pabrik berfoto dengan mobil Honda Jazz generasi terakhir yang sudah dihiasi pita bertuliskan “2012-2021, Jazz last production unit. Bye.. Bye..

Mobil produksi terakhir itu sekaligus menutup akhir era hatchback legendaris Honda Jazz di Thailand yang diproduksi sejak 2012 hingga 2021.

Lewat tampilannya yang stylish dan sporty, Honda Jazz memang menjadi salah satu model yang paling sukses yang pernah diproduksi oleh Honda. Mobil ini juga berhasil merebut hati pecinta otomotif, terutama bagi kalangan muda.

Baca juga: Alasan Honda Tak Kerek Harga LCGC Meski Carbon Tax Bergulir

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kilas balik perjalanan Honda Jazz

Generasi Pertama 

Honda Jazz generasi pertama diperkenalkan pada bulan Juli 2001 di Jepang, hingga kemudian baru masuk Indonesia pada tahun 2003.

Jazz generasi pertama, yang juga dikenal dengan sebutan GD3 mengusung mesin 1.5 L berkode L15A dengan teknolgi i-DSI (Intelligent Dual and Sequential Ignition). Mesin tersebut punya tenaga 85,26 Tk pada 5.500 rpm dengan torsi 128 Nm pada 2.700 rpm.

Pada tahun berikutnya, Honda memberi pengembangan mesin pada Jazz generasi pertama, diganti menjadi model VTEC (Variable Valve Timing & Lift Electronic Control), yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 110 Tk pada putaran 5.800 rpm, sedangkan untuk torsinya mencapai 143 Nm atau setara dengan putaran mesin 4.800 rpm.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.