Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabin Toyota Veloz GR Limited, Apa Istimewanya?

Kompas.com - 19/10/2021, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk mengetes mobil sejuta umat yang dijual terbatas, yaitu Toyota Veloz GR Limited. Varian ini merupakan Veloz yang diberi sentuhan Gazoo Racing yang membuatnya semakin sporty.

Soal bagian eksterior, ubahan paling terlihat ada di bumper depan dengan adanya add on body kit serta ornamen gril baru. Selain itu, ada juga bumper belakang baru dengan body kit serta cover spion dan pelek yang dicat hitam.

Pada tulisan kali ini, akan dibahas bagian kabin dari mobil yang kabarnya hanya dijual 3.700 unit saja. Apakah di bagian kabin mendapatkan sentuhan GR seperti bagian eksterior?

Baca juga: Viral, Video Pencuri Ban Serep Tertangkap Petugas di Tol Cipali


Sayangnya, ketika masuk ke kabin Veloz GR Limited, tidak ada bagian yang membedakannya dengan Veloz biasa. Tentu hal ini sangat disayangkan karena Veloz GR Limited merupakan generasi terakhir dari Avanza dengan penggerak roda belakang.

Bagian kabin seperti dasbor, door trim, dan bangku memakai warna hitam, sedangkan atap berwarna beige. Pada bagian door trim terdapat bagian yang dilapis dengan bahan fabric yang matching dengan joknya.

Pada bagian pengemudi, setir hanya bisa diatur naik-turun (tilt). Selain itu di instrument cluster juga tidak banyak variasi, hanya ada takometer, speedometer, Multi Information Display (MID) yang menampilkan sisa bahan bakar, trip A, trip B, odometer, Mode Eco, dan konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Sirkuit Multi-Fungsi di Surabaya Segera Diluncurkan

Interior Depan Veloz GR LimitedKOMPAS.com/ADITYO WISNU Interior Depan Veloz GR Limited

Beralih ke bagian tengah dasbor, masih sama dengan Veloz biasa, ada head unit layar sentuh untuk sistem hiburannya. Menengok ke bawah, pengaturan AC sudah digital namun tidak ada pengatur arah semburan.

Untuk sistem keamanannya, Veloz GR Limited sudah dilengkapi dengan airbag di sisi pengemudi dan penumpang depan. Tempat penyimpanan di sisi depan juga cukup banyak, ada glove box dan center console box yang juga berfungsi sebagai sandaran tangan.

Beralih ke bagian tengah atau bangku baris kedua, masih dipenuhi dengan nuansa hitam. Bangku tengah terbagi 50-50 yang bisa diatur maju-mundur yang cukup memadai untuk sesorang dengan tinggi 177 cm, apalagi masih bisa direbahkan sandarannya.

Interior Belakang Veloz GR LimitedKOMPAS.com/ADITYO WISNU Interior Belakang Veloz GR Limited

Di bagian tengah juga terdapat beberapa fitur yang bisa dinikmati penumpang. Misalnya seperti AC double blower, layar hiburan, power outlet serta lampu ambiens berwarna biru yang ada di center console box.

Kami juga sempat mencoba bangku baris ketiga Veloz GR Limited. Akses masuk ke baris ketiga sangat mudah, hanya menarik dengan satu tuas, bangku baris kedua sudah terangkat ke depan.

Untuk sesorang dengan tinggi 177 cm, rasanya tidak nyaman untuk duduk di baris ketiga. Soal leg room, sudah pasti sangat sempit, bahkan ketika bangku baris kedua disetel paling maju. Begitu juga dengan head room yang sedikit lagi menyentuh plafon.

AC Double Blower dan Unit Hiburan Veloz GR LimitedKOMPAS.com/ADITYO WISNU AC Double Blower dan Unit Hiburan Veloz GR Limited

Nampaknya di baris ketiga memang dibuat hanya untuk orang dengan tinggi di bawah 160 cm agar bisa duduk dengan nyaman. Di baris ketiga ini juga disediakan USB port di sisi kiri kendaraan untuk mengisi daya telepon genggam.

Berbicara soal kabin, tentu bagasi juga jangan sampai terlewat. Bagasi Veloz GR Limited ini bisa dibilang cukup luas, bisa menampung kurang lebih 4 backpack berukuran sedang. Selain itu juga bangku baris ketiga bisa dilipat untuk memperluas volume bagasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com