Alasan Honda Tak Kerek Harga LCGC meski Carbon Tax Bergulir

Kompas.com - 19/10/2021, 09:42 WIB
Honda Brio Satya CVT KOMPAS.COM/STANLY RAVELHonda Brio Satya CVT

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski regulasi PPnBM berdasarkan emisi gas buang atau carbon tax sudah bergulir, PT Honda Prospect Motor (HPM) masih mempertahankan banderol mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC).

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mengatakan alasan Honda mempertahankan banderol Brio Satya karena masih menunggu kepastian pemberian relaksasi dari pemerintah.

"Untuk LCGC kami masih memaksimalkan menjual stok yang ada dulu sampai peraturan menteri yang mengatur terkait Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) masuk dalam daftar penerima PPnBM Ditanggung Pemerintah (PPnBMDTP)," kata Billy kepada Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Diskon PPnBM Dihapus, Harga LCGC Tidak Murah Lagi

Honda Brio Satya IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya IIMS Hybrid 2021

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu dikabarkan merek yang memasarkan LCGC bersama dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sedang mengajukan permohongan agar LCGC bisa menerima relaksasi PPnBM.

Hal tersebut dilakukan agar banderolnya bisa bertahan, alias tidak naik imbas adanya penerapan carbon tax yang mulai berlaku dari 16 Oktober 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu, permohonan relaksasi juga dilakukan sambil menunggu kepastian aturan turunan dari kenaikan pajak akibat carbon tax yang khusus dikenakan untuk LCGC.

Baca juga: Rawan Kecelakaan, Pahami Lagi Cara Berkendara Aman di Jalan Tol

All New Honda BrioDOK. HONDA PROSPECT MOTOR All New Honda Brio

Lantaran itu, banderol Brio Satya masih sama sampai dengan saat ini. Varian termurahnya dijual Rp 151,4 juta, sedangkan versi tertinggi yang sudah menggunakan transmisi CVT sebesar Rp 175,4 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.