Berburu Avanza Bekas di Bawah Rp 100 Juta, Paling Muda Lansiran 2014

Kompas.com - 18/10/2021, 18:12 WIB
Rombongan naik kapal kelotok, menyeberang Samarinda-Tenggarong. TAMRombongan naik kapal kelotok, menyeberang Samarinda-Tenggarong.

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza kembali membuktikan dirinya sebagai mobil sejuta umat di Indonesia. Sebab pada September 2021, Avanza jadi mobil terlaris di antara mobil penumpang lainnya.

Dari data penjualan retail alias wholesales yang dirilis Gaikindo belum lama ini, Avanza berhasil menorehkan angka penjualan 7.531 unit. Bisa dikatakan, Avanza masih menguasai pasar mobil low multi purpose vehicle (LMPV).

Perkara harga, saat ini Toyota membanderol Avanza pada angka Rp 180-210 jutaan. Seluruh varian yang tersedia memiliki 1 dapur pacu yang sama.

Baca juga: Mulai Besok Waktu Pemberlakuan Ganjil-Genap di Jakarta Kembali Normal

Kabar terbaru yang tengah ramai diperbincangkan di media sosial mengatakan bahwa Toyota tengah menyiapkan generasi terbaru dari Avanza dengan nama Veloz Q. Diperkirakan mobil baru ini akan menganut sistem penggerak roda depan (FWD).

Toyota Avanza yang siap didandaniAzwar Ferdian/KompasOtomotif Toyota Avanza yang siap didandani

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi pecinta mobil penggerak roda belakang (RWD) yang ingin meminang Avanza dan memiliki keterbatasan dana, membeli unit bekasnya bisa jadi alternatif pilihan. Sebab dengan dana kurang dari Rp 100 juta, pilihan Avanza bekas sudah banyak tersedia.

Tentu tidak ada layanan purna jual di jaringan bengkel resmi yang bisa dinikmati. Fitur-fitur yang terpasang pun tidak secanggih unit terbarunya. Namun pembeli bisa langsung membawa pulang Avanza yang dibeli tanpa perlu menunggu masa inden.

Baca juga: Mandalika Street Circuit Diklaim Jadi Trek Paling Canggih

Dari pantauan di sejumlah situs jual beli mobil bekas daring, Senin (18/10/2021), dengan patokan dana di bawah Rp 100 juta maka Avanza bekas yang tersedia paling muda adalah lansiran 2014.

Kabin depan Avanza yang siap didandaniIstimewa Kabin depan Avanza yang siap didandani

Akan umum ditemukan perbedaan harga meski tipe dan tahun produksinya sama. Bisa jadi itu disebabkan karena kondisi unit yang berbeda mulai dari bodi, mesin, kelistrikan, hingga kaki-kakinya.

Cek kondisi unit secara menyeluruh. Hindari kemungkinan mengeluarkan dana tambahan untuk perbaikan besar meski sparepart Avanza masih mudah ditemukan.

Baca juga: Alasan Kenapa Konsumen Memilih Mitsubishi Xpander

Sebagai referensi, berikut pilihan Avanza bekas yang tersedia dengan harga di bawah Rp 100 juta pada Oktober 2021.

  • Avanza 1.5 S A/T tahun 2012 harga Rp 95,5 juta
  • Avanza 1.5 S M/T tahun 2011 harga Rp 95 juta
  • Avanza 1.5 S M/T tahun 2010 harga Rp 95 juta
  • Avanza 1.5 S M/T tahun 2010 harga Rp 94 juta
  • Avanza 1.3 E A/T tahun 2014 harga Rp 97 juta
  • Avanza 1.3 E A/T tahun 2013 harga Rp 95 juta
  • Avanza 1.3 E A/T tahun 2012 harga Rp 95 juta
  • Avanza 1.3 G M/T tahun 2011 harga Rp 95 juta
  • Avanza 1.3 G M/T tahun 2010 harga Rp 95 juta
  • Avanza 1.3 G A/T tahun 2009 harga Rp 95 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.