Veloz Baru Pakai Disc Brake Depan dan Belakang, Ini Keunggulannya

Kompas.com - 18/10/2021, 15:41 WIB
Bocoran Foto Toyota Avanza Veloz Generasi Baru INSTAGRAM/@indra_fathanBocoran Foto Toyota Avanza Veloz Generasi Baru

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini tersebar foto yang membocorkan produk baru dari Toyota, yaitu Veloz. Secara tampilan eksterior, bagian bodi berubah total, mulai dari depan, samping, sampai belakang.

Jika diperhatikan pada foto tersebut, untuk sistem pengereman belakang Veloz baru ini memakai rem cakram. Sedangkan untuk generasi sebelumnya, rem belakang Avanza masih memakai model tromol.

Lalu apa saja keunggulan dari rem cakram untuk roda belakang pada mobil penumpang?

Baca juga: Hyundai Palisade Tertimpa Kontainer, Ingat Bahaya Menyalip dari Kiri

Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobilDok. Daihatsu Indonesia Ilustrasi piringan cakram, kaliper, dan kampas rem mobil

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, keunggulan dari rem cakram di bagian belakang adalah tidak perlu lakukan penyetelan rem. Jadi antara roda belakang kanan dan kiri, daya pengeremannya rata.

“Kalau tromol, harus disetel manual dulu ketika pertama kali. Yang disetel adalah jarak brake shoe dan tromolnya sisi kiri dan kanan supaya sama daya pengeremannya,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, ketika kampas rem tromol sudah aus, harus disetel lagi agar jarak antara brake shoe dengan tromol tidak jauh. Selain soal tidak perlu disetel, perawatan dari rem cakram juga lebih mudah.

Baca juga: Mandalika Street Circuit Diklaim Jadi Trek Paling Canggih

“Kalau cakram hanya dibersihkan slidingnya dan penggantian brake pad kalau sudah tipis. Selain itu kotoran bekas rem juga bisa tersapu angin, beda dengan tromol yang bisa terkurung di dalam tromolnya,” kata Didi.

Didi menambahkan, kotoran tadi yang terkurung di dalam tromol bisa juga memengaruhi daya pengereman mobil menjadi menurun. Untuk kampas rem belakang, memang usia pakainya lebih lama karena pengereman tetap lebih berat di sisi depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.