Marco Simoncelli Jadi Alasan di Balik Berdirinya VR46 Riders Academy

Kompas.com - 18/10/2021, 16:01 WIB
Nomor 58 milik Marco Simoncelli dipensiunkan. wikipediaNomor 58 milik Marco Simoncelli dipensiunkan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang tahu VR46 Riders Academy dibentuk untuk melatih pebalap muda Italia agar bisa masuk MotoGP. Tapi, sedikit yang tahu alasan di balik berdirinya akademi tersebut.

Valentino Rossi mengungkapkan bahwa alasan di balik berdirinya VR46 Riders Academy adalah Marco Simoncelli. Pebalap asal Italia tersebut mengalami insiden fatal saat balapan pada MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 23 Oktober 2011.

Baca juga: Rossi Berharap Anaknya Tidak Jadi Pebalap

Saat tragedi tersebut terjadi, Rossi yang saat itu baru pindah ke Ducati sangat terpukul. Bahkan, saat kembali ke paddock, dia terlihat menangis.

Pebalap MotoGP asal Italia, Marco Simoncelli. Simoncelli meninggal dunia setelah terjatuh di Tikungan 11 Sirkuit Sepang pada MotoGP Malaysia 2011. (Sumber foto: Dok. MotoGP)MOTOGP.COM Pebalap MotoGP asal Italia, Marco Simoncelli. Simoncelli meninggal dunia setelah terjatuh di Tikungan 11 Sirkuit Sepang pada MotoGP Malaysia 2011. (Sumber foto: Dok. MotoGP)

"Saya sangat merindukan Marco, khususnya sebagai teman, karena kami sering bersenang-senang bersama. Selalu menyenangkan saat bersamanya," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Senin (18/10/2021).

Rossi mengatakan, dia juga merindukan Simoncelli sebagai pebalap. Menurutnya, pebalap yang dijuluki "SuperSic" tersebut memiliki peluang besar untuk masuk tim pabrikan Honda di 2012 dan bersaing meraih gelar juara dunia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Rossi Dukung Dua Pebalap WorldSBK Masuk MotoGP

"Kami membuat Academy sebagai penghormatan untuk dirinya, karena dia adalah pebalap pertama yang kami bantu. Tidak ada yang spesial dan akan lebih baik jika ada dia di sini bersama kami, tapi hanya itu yang bisa kami lakukan," kata Rossi.

Baju balap khusus yang akan dipakai Valentino Rossi di Mugello.motorcycle Baju balap khusus yang akan dipakai Valentino Rossi di Mugello.

Pada 2012, nama Marco Simoncelli juga diabadikan menjadi nama sirkuit di Misano, yakni Misano World Circuit Marco Simoncelli. Selain itu, pihak MotoGP juga membekukan nomor start 58 khusus untuk Simoncelli agar tidak ada pebalap lain yang memakainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.