Mengenal Seberapa Penting Fungsi Per Kopling

Kompas.com - 16/10/2021, 15:31 WIB
Per kopling Dok. ProlinerPer kopling

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mesin sepeda motor, ada banyak komponen yang memiliki fungsi vital. Salah satunya adalah clutch spring atau per kopling.

Suhartanto, engine builder Proliner Indonesia mengatakan, per kopling dapat ditemukan pada mesin motor bebek atau motor sport, yang masih menggunakan sistem transmisi manual.

Baca juga: Cara Mengetahui Ciri Kampas Kopling Menipis

"Kopling pada sepeda motor, pada umumnya berkarakter gesek (friction clutch), yang berbentuk piringan atau biasa disebut plat kopling (disk clutch)," ujar Suhartanto, dalam keterangan resminya.

Suhartanto mengatakan, secara sistem kerja, per kopling memiliki fungsi utama menekan kampas. Sederhananya, per kopling fungsinya hanya membantu fungsi kerja dari kampas kopling.

"Tanpa adanya per kopling, kampas kopling tidak bisa bekerja secara maksimal," kata Suhartanto.

Per koplingDok. Proliner Per kopling

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Begini Cara Menjaga Kampas Kopling Mobil agar Lebih Awet

"Untuk masalah tingkat kekerasan dari per kopling juga tergantung dari tenaga motornya. Semakin besar tenaga dari motor tadi, maka semakin dibutuhkan juga kekerasan dari per koplingnya," kata Suhartanto.

Ada per kopling yang biasa digunakan untuk motor standar atau harian. Tapi, ada juga per kopling khusus untuk digunakan pada motor balap.

Bahkan per kopling yang bisa digunakan untuk harian maupun balap juga tersedia. Biasanya merupakan produk aftermarket, seperti yang dikeluarkan oleh Proliner belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.