Penjualan Xenia Lesu, Daihatsu Klaim Bukan karena Isu Generasi Baru

Kompas.com - 16/10/2021, 09:42 WIB
Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya relaksasi PPnBM diskon 100 persen rupanya tak serta-merta membuat penjualan Daihatsu Xenia mengalami peningkatan yang signifikan.

Lantas, apa yang membuat perfoma penjualan Xenia cukup lesu? Mungkinkah disebabkan adanya rumor kehadiran generasi baru yang sejauh ini banyak diperbincangkan?

Menjawab hal ini, Hendrayadi Lastiyoso, Division Head Marketing & Customer Relation Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), menampik hal tersebut.

Baca juga: Cara Blokir STNK agar Tidak Kena Pajak Progresif

"Tidak terganggu, karena sampai saat ini Xenia indenya masih tinggi. Jadi permintaan terhadap Xenia meski dengan current model dan di tengah-tengah adanya isu yang katanya model baru, masih tetap tinggi," kata Hendrayadi saat konferensi pers virtual, Kamis (14/10/2021).

Gambar render calon Toyota Avanza model baru.Bagas Satria Akbar Gambar render calon Toyota Avanza model baru.

Meski demikian, Hendrayadi mengaku penjualan Xenia pada 2021 memang tak sebaik periode sebelumnya. Namun, hal tersebut bukan berarti penyerapan pasarnya turun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Hendrayadi, hambatan pada sisi produksi membuat penjualan MPV murah kembaran Avanza terkesan lesu. Kondisi itu karena adanya pengetatan penerapan protokol kesehatan yang diwajibkan pemerintah.

"Karena pada masa prokes ada hal menjaga jarak yang berpengaruh pada take time produksi lebih lambat. Jadi masalah pada Xenia untuk tahun ini lebih ke pada suplai," ucap Hendrayadi.

Baca juga: Avanza-Xenia RWD Mulai Setop Produksi?

"Sebenarnya permintaan Xenia dan Terios itu bisa lebih baik karena permintaannya lebih tinggi dari penjualan yang kami catatkan di data ritel. Jadi sebenarnya penjualan memang tidak terlalu baik, tapi demand-nya tetap tinggi," katanya.

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

Berdasarkan data, Xenia berada di urutan keenam dari semua model penjualan Daihatsu sepanjang Januari hingga September 2021.

MPV murah tersebut mencatatkan penjualan ritel 7.080 unit. Sementara untuk Terios, terjual 13.664 unit dan menempati posisi keempat tepat di bawah Ayla.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.