Daftar 5 Pebalap MotoGP 2021 dengan Gaji Terbesar

Kompas.com - 15/10/2021, 11:22 WIB
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP) JOE KLAMARMarc Marquez saat balapan pada MotoGP Styria 2021. (Photo by Joe Klamar / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi pebalap MotoGP dapat memberikan keuntungan yang sangat besar. Terlepas dari risiko yang diterima sebagai seorang pebalap.

Dikutip dari Tuttomotoriweb.it, Kamis (14/10/2021), dari puluhan pebalap MotoGP yang ada sekarang ini, ada lima pebalap yang mendapatkan gaji terbesar. Gaji yang dimaksud adalah nilai kontrak per musim dengan pabrikan motor yang dibela.

Baca juga: Rossi Dukung Dua Pebalap WorldSBK Masuk MotoGP

Di peringkat kelima, ada Alex Rins yang seharusnya menjadi pebalap utama Suzuki. Namun, kenyataannya Rins malah mengalami dua musim yang sulit. Rins mendapatkan satu juta euro atau sekitar Rp 16,3 miliar per musim.

Alex Rins saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Alex Rins saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Peringkat keempat ditempati oleh rekan setim Rins, yakni Joan Mir. Juara dunia MotoGP 2020 ini tidak jauh berbeda nilai kontraknya dari Rins, hanya 100.000 euro lebih banyak. Mir mendapatkan 1,1 juta euro atau sekitar Rp 17,9 miliar per musim.

Joan Mir saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Joan Mir saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Posisi ketiga ditempati oleh Maverick Vinales yang musim ini sudah resmi beralih dari Yamaha ke Aprilia. Sewaktu di Yamaha, Vinales mendapatkan 4,5 juta euro atau sekitar Rp 73,5 miliar per musim. Dengan Aprilia, pendapatan Vinales merosot menjadi dua juta euro atau sekitar Rp 32,6 miliar per musim.

Baca juga: KTM Tergiur Turunkan Tiga Tim di MotoGP Musim Depan

Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Aragon 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Maverick Vinales saat berlaga pada MotoGP Aragon 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Valentino Rossi menduduki peringkat kedua pebalap MotoGP dengan gaji terbesar. Meski berada di tim satelit, Rossi dikontrak langsung oleh Yamaha sebesar 5 juta euro atau sekitar Rp 81,7 miliar per musim.

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Inggris 2021Gold and Goose Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Inggris 2021

Menurut Forbes Magazine pada 2020, Rossi diperkirakan mendapat 140 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,9 triliun per tahun dari balapan, sponsor pribadi, dan perusahaannya. Sementara menurut Truenumbers, Rossi mendapat omzet tahunan mencapai 54 juta euro atau sekitar Rp 882 miliar per tahun.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Posisi puncak, tentu saja Marc Marquez. Meskipun musim lalu Marquez absen hampir semusim, nilai kontraknya tetap yang tertinggi. Marquez dikontrak oleh Honda sebesar 25 juta euro atau sekitar Rp 408 miliar per musim. Jumlah itu belum termasuk pendapatan dari sponsor pribadinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.