Viral, Video Isuzu Panther Alami Diesel Runaway di Jalan Tol

Kompas.com - 15/10/2021, 07:02 WIB
Fenomena diesel runaway pada kendaraan bermesin diesel. ImotoriumFenomena diesel runaway pada kendaraan bermesin diesel.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bermesin diesel dikenal sebagai kendaraan yang tangguh, irit bahan bakar serta minim perawatan. Tak heran jika mobil ini kerap menjadi pilihan bagi para pecinta otomotif.

Meski begitu, perlu dipahami bahwa setiap kendaraan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tak terkecuali untuk mobil dengan mesin diesel.

Salah satu kelemahan yang juga bisa menjadi mimpi buruk bagi pemilik mobil peminum solar,  adalah diesel runaway. Seperti contoh kejadian yang menimpa mobil Isuzu Panther baru-baru ini di salah satu ruas jalan tol.

Dalam rekaman video yang diunggah oleh akun Instagran Dashcam Owners Indonesia, terlihat kepulan asap putih yang menyelimuti mobil Panther yang berhenti di bahu jalan. Kepulan asap tersebut bahkan nyaris membuat mobil itu tak terlihat.

Baca juga: Tanpa Aturan Turunan Carbon Tax, Banderol LCGC Terancam Naik 15 Persen

Menanggapi hal ini, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, diesel runaway adalah kondisi di mana mesin tak bisa atau tidak mau mati meski kunci kontak sudah dicabut.

Diesel runaway disebabkan oleh kerusakan pompa solar atau kerusakan ECU. Bisa juga karena adanya masalah lain yang menyebakan mesin menyedot solar dari bahan bakar secara tidak terkontrol, sehingga putaran mesin akan tinggi dengan sendirinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

“Biasanya kondisi ini akan diikuti dengan kepulan asap putih yang tak kunjung hilang,” ujar Didi belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Menurut Didi, jika sudah demikian, tidak banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengemudi. Sebab, jika salah penanganannya bisa berbahaya dan risikonya fatal.

“Kalau pengemudi mengalami hal ini sebaiknya segera parkir kendaraan di tempat yang aman, kemudian tarik rem tangan. Jika membawa penumpang, suruh semua penumpang keluar dari mobil, dan segera menjauh dari kendaraan. Tunggu sampai solar dalam tangki habis,” katanya.

Baca juga: Rossi Dukung Dua Pebalap WorldSBK Masuk MotoGP

Didi melanjutkan, setelah solar habis, mesin akan mati dengan sendirinya, atau menunggu kerusakan sistem mekanikal lainnya yang membuat pasukan solar terhenti.

“Kejadian disel runaway ini memang terbilang langka, namun semua mobil yang menggunakan mesin diesel baik mobil biasa ataupun bus berpotensi mengalami hal tersebut,” kata Didi.

Untuk itu, sebaiknya setiap pemilik mobil diesel harus memahami cara kerja mobilnya. Sebab hidup dan matinya mesin diesel bergantung pada dua hal, yakni pasokan solar dan udara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.