Hyundai Mau Bikin Cip Semikonduktor Sendiri

Kompas.com - 15/10/2021, 09:22 WIB
Ilustrasi cip semikonduktor THEGUARDIAN.com/Vlad Deep/AlamyIlustrasi cip semikonduktor

JAKARTA, KOMPAS.comKrisis cip global telah mendorong sejumlah pabrikan untuk membuat sendiri komponen semikonduktor. Seperti yang dilakukan Hyundai agar tidak memiliki ketergantungan pada produsen cip semikonduktor.

Menurut laporan Reuters (14/10/2021), Chief Operating Officer (COO) Hyundai Motor Global Jose Munoz, mengatakan, pihaknya ingin mengembangkan cip semikonduktor sendiri.

Seperti diketahui, langkanya semikonduktor dipicu oleh lonjakan pemesanan produk-produk elektronik selama pandemi.

Baca juga: Bendung Calon Avanza-Xenia Baru, Mitsubishi Siapkan Xpander Facelift

Ilustrasi pabrik Hyundai di Alabama, AS.AUTOBLOG.com Ilustrasi pabrik Hyundai di Alabama, AS.

Sementara itu, semikonduktor juga dibutuhkan produsen mobil. Karena pasokan berkurangnya, sejumlah merek otomotif menutup beberapa jalur produksi mobil pada tahun ini. Termasuk beberapa pabrik Hyundai.

Meski begitu, Munoz mengatakan bahwa masa-masa terburuk karena kekurangan cip semikonduktor telah berlalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi Hyundai, bulan terberat akibat kelangkaan cip semikonduktor terjadi pada Agustus dan September lalu.

Baca juga: Fenomena Pamer Harta Mengungkap Biaya Servis Lamborghini

Ilustrasi pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatanenglish.visitkorea.or.kr Ilustrasi pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatan

"Industri cip bereaksi sangat cepat. Tapi dalam kasus kami, kami ingin dapat mengembangkan cip kami sendiri sehingga kami tak terlalu bergantung. Ini membutuhkan banyak investasi dan waktu, tapi kami sedang mengerjakannya," ujar Munoz.

Munoz juga mengatakan, afiliasi bagian perusahaan yakni Hyundai Mobis akan memainkan peran kunci.

Dia menambahkan, saat ini Hyundai bertujuan untuk mengirimkan kendaraan sesuai dengan rencana awal bisnis pada kuartal keempat dan mengimbangi beberapa kerugian produksinya pada tahun depan.

Baca juga: Bocoran Xpander Terbaru, Begini Ubahannya sejak Meluncur

Ilustrasi cip semikonduktor yang menjadi salah satu komponen otomotif,PAULTAN.org Ilustrasi cip semikonduktor yang menjadi salah satu komponen otomotif,

Bersama dengan Toyota dan Tesla, Hyundai adalah salah satu dari segelintir produsen mobil yang meningkatkan penjualan global meskipun kekurangan cip.

Munoz menambahkan, Hyundai memutuskan untuk tidak memangkas pesanan selama pandemi, setelah melihat pasar Asia pulih lebih kuat dari yang diharapkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.