Serupa tapi Tak Sama, Ingat Soal Aturan Bawa Barang di Motor

Kompas.com - 14/10/2021, 19:01 WIB
Peraturan mengenai barang bawaan motor tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Foto: Tangkapan layar Peraturan mengenai barang bawaan motor tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Irit dan ringkas memjadikan sepeda motor sebagai alat transportasi serba guna di Indonesia. Tak cuma sebagai alat angkut manusia tapi juga jadi barang.

Potret mengenai keragaman penggunan tersebut tertangkap dalam gambar yang diunggah akun Instagram Agoez Bandz4. Terlihat ada dua motor yang "serupa" tapi tidak sama.

https://www.instagram.com/p/CU-DK-bhWtZ/?utm_source=ig_web_copy_link

Dari gambar terlihat di sebelah kiri ialah motor sport bergaya touring lengkap dengan pannier dan top box sebagai bagasi tambahan. Sedangkan di sebelahnya motor bebek yang membawa penampungan air.

"Yang kanan nyari nafkah, yang kiri nyari rute," tulis netizen grldo putra, dikutip Kompas.com, Kamis (14/10/2021).

Soal motor membawa muatan tambahan sebetulnya tidak bisa asal sebab ada aturannya. Regulasi ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Regulasi soal pemuatan barang di sepeda motor ada aturannya di PP 74 Tahun 2014, bisa dilihat seperti apa dan bagaimana," kata Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sirkuit Mandalika Pakai Aspal Bagus, Diklaim Hemat Perawatan

Motor angkut barang lebihi kapasitas Foto: Instagram/dramaojol.id Motor angkut barang lebihi kapasitas

Dalam PP tersebut regulasi soal pengangkutan barang di motor tertuang dalam Pasal 10 ayat 4. Bunyinya mengenai persyaratan teknis angkutan barang dengan kendaran bermotor yang salah satunya sepeda motor.

Isinya ialah muatan memiliki lebar tidak melebihi setang kemudi, tinggi tidak melebihi 90 cm dari atas tempat duduk pengemudi, dan barang muatan ditempatkan di belakang pengemudi.

Sanksinya sudah dituliskan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), tepatnya pasal 311 ayat (1).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.