Nostalgia Mobil Retro Honda Civic Excellent 1983

Kompas.com - 12/10/2021, 14:41 WIB
Civic Excellent 1983 Tiktok.com/ngangenin_85Civic Excellent 1983

JAKARTA, KOMPAS.com - Pecinta sedan di dunia, termasuk Indonesia pasti tahu dengan Honda Civic. Sebab, Civic merupakan model global pertama Honda yang pertama kali di perkenalkan di Jepang pada 1972.

Diperkenalkan sebagai mobil kompak yang bertenaga dan hemat bahan bakar, menjadikan Civic mudah diterima oleh masyarakat luas.

Ada banyak dokumentasi mengenai Honda Civic pun banyak tersebar di dunia maya. Salah satunya video yang memperlihatkan iklan televisi Honda Civic Excellent pada tahun 1983.

Baca juga: Viral Video Bus Mayasari Bakti Langgar Marka Serong, Pahami Sanksinya

Video yang diunggah oleh akun Tiktok @nganenin_85 itu memperlihatkan Honda Civic Excellent dikemas dengan tampilan yang begitu estetik dan klasik, kental dengan suasana kental yang membuat para pecinta mobil tua bernostalgia.

Dalam iklan tersebut dijelaskan mengenai berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Civic generasi kedua ini, mulai dari tangguh untuk melibas jalanan perkotaan hingga lincah diajak menanjak di jalan yang berkelok.

@ngangenin_85 #iklanjadul #honda #ngangenin ? suara asli - Ngangenin_

Untuk diketahui, Hona Civic Excellent mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1980 menggantikan posisi Honda Civic generasi pertama yaitu Civic Hi Deluxe.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Civic Excellent ini sebetulnya dijual versi sedan dan versi liftback 5 pintu, namun di Indonesia hanya model hatchback 5 pintu saja yang dijual.

Jika dilihat sekilas, Honda Civic Excellent memiliki bentuk yang nyaris serupa dengan Honda Civic generasi pertama. Namun, jika dilihat lebih detail lagi, baru terlihat perbedaan bahwa mobil ini lebih lebar dan lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca juga: Curhat Kru Rossi yang Telah Bekerja Bersama 18 Tahun

Menyoal perfoma, Civic Excellent dibekali mesin yang cukup mumpuni, yakni berkapasitas 1300 cc SOHC 8 Valve 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 67 tk pada 5.000 rpm dan torsi 104 Nm pada 3.000 rpm. Tenaga disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 3 percepatan Hondamatic.

Jika Anda pecinta model retro dan berniat meminang Honda Civic Excellent, harga bekasnya ditawarkan mulai Rp 16 juta sampai Rp 49 jutaan, tergantung kondisi mobil dan kelengkapan dokumen kendaraan bermotor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.