Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Umumkan Jumlah Penonton WSBK Mandalika 25.000 Orang

Kompas.com - 12/10/2021, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI mulai menyampaikan keputusan terkait acara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah telah memutuskan bahwa ajang WSBK bisa terselenggara pada November mendatang.

“Ini ada tiga rangkaian event, yaitu Asia Talent Cup pada 12-14 November 2021, kemudian ada Indonesia Mandalika World Superbike pada 19-21 November 2021, dan persiapan untuk MotoGP tahun depan,” ujar Airlangga, dalam konferensi virtual (11/10/2021).

Baca juga: Benarkah Mengecas Ponsel di Mobil Bikin Aki Cepat Soak?

Foto udara bentuk lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (9/10/2021). Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 km yang dibangun oleh ITDC tersebut resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit yang pada tahun ini akan diujicobakan dengan beberapa kejuaraan balap internasional seperti Idemitsu Asia Talent Cup yang akan menjadi ajang pembuka di Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021 disusul dengan World Superbike yang berlangsung seminggu setelahnya yaitu 19-21 November 2021 serta tes pramusim MotoGP pada tanggal 11-13 Februari 2022 dan MotoGP Indonesia pada Maret 2022. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Foto udara bentuk lintasan Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (9/10/2021). Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 km yang dibangun oleh ITDC tersebut resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit yang pada tahun ini akan diujicobakan dengan beberapa kejuaraan balap internasional seperti Idemitsu Asia Talent Cup yang akan menjadi ajang pembuka di Sirkuit Mandalika pada 12-14 November 2021 disusul dengan World Superbike yang berlangsung seminggu setelahnya yaitu 19-21 November 2021 serta tes pramusim MotoGP pada tanggal 11-13 Februari 2022 dan MotoGP Indonesia pada Maret 2022. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

“Telah diputuskan jumlah penonton 25.000 orang dengan syarat dua dosis vaksin lengkap, dan pelaksanaan karantina untuk kru dan tim selama lima hari, ini untuk peserta,” kata dia.

Airlangga juga mengatakan, penyelenggara wajib membentuk satgas protokol kesehatan untuk pengawasan di lokasi acara, termasuk penyediaan masker secara gratis oleh satgas TNI dan Polri.

“Kemudian untuk vaksinasi masyarakat dipercepat, dengan Lombok Tengah minimal 50 persen untuk dosis kedua, ucap Airlangga.

Baca juga: Terjadi Lagi Pencurian Ban dan Pelek, Empat Ban Hilang Tak Bersisa

Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit MandalikaDok. Worldsbk.com Seri terakhir World Superbike (WorldSBK) 2021 akan digelar di Sirkuit Mandalika

“Mendagri akan mengeluarkan Inmendagri terkait penyelenggaraan Superbike, terkait dengan detail teknis,” ujar dia.

Sebelumnya, Federation Internationale de Motcyclisme (FIM) dan Dorna WorldSBK Organization (DWO) telah memastikan Indonesia sebagai penyelenggara balap motor World Superbike (WorldSBK) perdana pada November 2021.

Dalam kalender balap WSBK 2021 versi update pun sudah tertulis bahwa Sirkuit Mandalika masuk dalam jadwal. Namun seri terakhir ini tertunda satu minggu dari jadwal seharusnya, yakni 12-14 November 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com