Terbuat dari Karet, Ban Mobil Juga Bisa Berkarat

Kompas.com - 04/10/2021, 19:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Secara umum, ban memang terbuat dari karet karena fungsinya yang penting untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan. Walaupun terbuat dari karet, di dalam ban, terdiri dari beberapa benang-benang baja yang jadi konstruksinya.

Bagian benang baja ini memang tertanam di dalam ban, jadi tidak kasat mata kalau dilihat dari luar. Namun begitu, apakah ban juga bisa berkarat layaknya baja biasa?

On vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, walaupun tidak terlihat, benang baja yang ada di dalam ban juga bisa berkarat. Penyebabnya pun beragam, mulai dari menabrak lubang atau adanya sobekan di ban.

Baca juga: Hasil MotoGP Amerika, Kemenangan Manis Marc Marquez

Ilustrasi ban mobil. PIXABAY/E BOUWEN Ilustrasi ban mobil.

“Kawat sebenarnya di-coating pakai karet biar tidak saling bergesekan. Kalau kena benda keras atau tajam, akan melukai coating dari baja tersebut,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ketika pelapis baja tadi sudah rusak, maka bisa berkarat ketika ban terkena air. Apalagi sifat karat yang menyebar, bisa mengenai berbagai lapisan kawat baja di dalam ban, sehingga saling terpisah.

Baca juga: Klasemen Pebalap MotoGP 2021 Setelah GP Amerika

“Anyaman baja (steel belted) 1 akan terpisah dengan steel belted kedua. Ini akan membuat ban terlihat gembung di telapak ban,” kata Zulpata.

Selain menubruk lubang dan benda tajam, kerikil yang dibiarkan saja di sela-sela alur ban juga bisa membuat baja berkarat. Jadi saat ban dipakai terus, kerikil tadi menusuk anyaman telapak ban dan menusuk steel belted-nya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.