Punya Mobil Tua, Perlu Ganti Spesifikasi Oli Mesin Jadi Lebih Kental?

Kompas.com - 01/10/2021, 18:51 WIB
Ilustrasi penggantian oli atau pelumas mesin mobil. Agung KurniawanIlustrasi penggantian oli atau pelumas mesin mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagian keluarga di Indonesia setidaknya punya satu mobil di rumahnya. Mobil tersebut digunakan untuk berbagai kegiatan, mulai dari berangkat ke kantor, berlibur, bahkan mudik.

Tidak sedikit juga yang menggunakan dan merawat mobilnya hingga bertahun-tahun. Salah satu hal yang diperhatikan ketika merawat mobil adalah mengganti oli mesinnya secara rutin.

Ada anggapan, mobil yang sudah lama dimiliki atau digunakan, perlu mengganti oli mesinnya dengan yang lebih kental dari bawaannya. Katanya, mobil yang sudah digunakan bertahun-tahun, ada keausan di bagian mesinnya.

Baca juga: Video Viral Mobil Ditilang karena Bawa Sepeda di Kabin, Polisi Akui Salah dan Minta Maaf

Full Synthetic 0W-20 ECO POWER API SN GF-5, pelumas paling encer Toyota Motor Oil.Aris/Otomania Full Synthetic 0W-20 ECO POWER API SN GF-5, pelumas paling encer Toyota Motor Oil.

Namun apa benar anggapan tersebut?

Service Head Auto2000 Cilandak Lebakbulus Suparna mengatakan, anggapan tadi merupakan salah kaprah. Mobil yang digunakan bertahun-tahun, spesifikasi olinya tetap sama, karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesinnya.

“Misalnya mobil sudah lima tahun, tadinya pakai oli 5W, terus diganti dengan yang lebih kental (15W), itu enggak bener. Padahal operasional mesinnya membutuhkan oli yang lebih encer, kalau pakai yang kental, malah tidak maksimal,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Jumat (1/10/2021).

Baca juga: Ini Mobil yang Sudah Disuntik Mati tapi Masih Laris

Jadi tetap gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Selain itu juga ada anggapan kalau mesin yang sudah lama, ada komponen yang aus atau habis, jadi harus memakai oli yang lebih kental agar aman.

“Kalau ada keausan di mesin dan pakai oli encer jadi cepat habis, itu memang benar. Tapi dengan mengganti oli dengan yang lebih kental, tidak menyelesaikan masalah keausan di ruang mesin,” ucapnya.

Mengganti dengan oli yang lebih kental memang membuat mesin lebih halus, tetapi tenaganya tidak ada. Solusinya cuma satu, yaitu dibawa ke bengkel resmi untuk distandarkan lagi mesinnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.