Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Tahu, Begini Cara Cek Kondisi Oli Transmisi Skutik di Rumah

Kompas.com - 30/09/2021, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Transmisi pada skuter matik (skutik) membutuhkan pelumasan yang baik, agar komponen di dalamnya tidak cepat aus. Untuk itu, oli gear perlu dijaga kondisinya.

Oli gear biasa disebut juga dengan oli gardan atau oli transmisi. Mengecek kondisi oli transmisi cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, peran oli gear pada motor skutik sangat penting, salah satunya sebagai pelumas transmisi.

Baca juga: Banyak yang Salah Paham Beda Ganti dan Kuras Oli Transmisi Matik

"Melihat peran oli yang begitu penting, sebagai pengendara sepeda motor wajib untuk mengecek kondisi oli secara berkala dan memastikan volume oli tetap dalam kondisi yang standar," ujar Riyadi, dalam keterangan resminya.

Ilustrasi penggantion oli transmisi atau gardan untuk CVT motor skutikOtomania/Setyo Adi Ilustrasi penggantion oli transmisi atau gardan untuk CVT motor skutik

Terdapat beberapa langkah mudah untuk memeriksa oli transmisi pada skutik secara praktis, yakni:

1. Posisikan sepeda motor dengan standar tengah di atas bidang yang rata.

2. Buka penutup oli transmisi, periksa kondisi oli tersebut dengan memasukkan obeng dengan panjang minimal 15 cm ke dalam lubang. Pastikan obeng dalam kondisi kering sebelum dimasukkan.

Baca juga: Ganti Oli Transmisi Matik Baiknya Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?

3. Lihat warna oli pada obeng yang telah dimasukkan sebelumnya. Oli dengan kualitas baik umumnya berwarna bening dan kental, sedangkan oli yang sudah tidak baik berwarna hitam dan encer.

4. Untuk mengecek kebocoran pada oli transmisi, periksa seal pada penutup lubang pengisian oli dan baut pada lubang pembuangan dalam keadaan baik dan bersih. Jika seal sobek atau getas dan lubang pembuangan kotor, dapat menjadi indikasi kebocoran oli transmisi.

Cara memerika oli transmisi pada skutikDok. YIMM Cara memerika oli transmisi pada skutik

"Untuk mempermudah pengguna motor Yamaha dalam mengingat jadwal pengecekan oli atau perawatan sepeda motor, Yamaha menyediakan fasilitas aplikasi My Yamaha Motor yang dapat diunduh pada smartphone," kata Riyadi.

Selain memberikan fasilitas pengingat jadwal servis dan riwayat servis, Riyadi menambahkan, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi mengenai KSG, garansi, bahkan lokasi dealer atau bengkel resmi Yamaha terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com