Ini Mobil yang Sudah Disuntik Mati tapi Masih Laris

Kompas.com - 30/09/2021, 19:01 WIB
Pasar mobil bekas Stanly/OtomaniaPasar mobil bekas

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang sudah disuntik mati alias tidak dijual atau diproduksi lagi di Indonesia, ternyata masih banyak peminatnya di pasar mobil bekas (mobkas).

Pertimbangan konsumen membeli, yaitu karena model dan juga kemampuan daya beli.

Lantas, mobil apa saja yang sudah disuntik mati dan masih banyak peminatnya di pasar mobil bekas.

Baca juga: Daftar Harga Motor Trail Bekas, KLX 150 Mulai Rp 15 Jutaan, CRF150L Rp 24 Jutaan

Andi, pedagang mobil bekas dari diler Jordy Motor MGK Kemayoran mengatakan, beberapa mobil bekas yang sudah disuntik mati seperti Ford Everest dan Honda Freed masih cukup diminati oleh konsumen mobil bekas.

“Biasanya mobil-mobil yang ada komunitasnya itu banyak diminati, seperti Ford Everest. Untuk tahunnya diatas 2010, kisaran harganya sekitar Rp 140 juta,” ucap Andi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/9/2021).

Andi menambahkan, selain Ford Everest, jika di antara mobil yang sudah tidak dijual lagi, Freed sampai sekarang peminatnya masih tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tapi harga Honda Freed sudah turun jauh, karena saingannya Toyota Sienta,” kata dia.

Honda Freed facelift yang sudah dikenalkan di Jepang.Honda Honda Freed facelift yang sudah dikenalkan di Jepang.

Salah satu pedagang mobil bekas di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Hendrik menambahkan, paling banyak Honda Freed, Nissan Evalia, dan Nissan March, dan Chevrolet Captiva.

“Model-model itu lumayan banyak pembeliannya. Kalau Spin jarang karena mungkin modelnya juga kurang begitu menarik,” kata dia.

Baca juga: Punya Mobil Baru Tapi Boros BBM, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Berdasarkan penelusuran dari situs jual beli mobil bekas, Ford Everest 2010 dibanderol dengan kisaran harga Rp 135 juta hingga Rp 165 jutaan. Sementara untuk tahun yang lebih muda yakni 2014 dibanderol dengan harga Rp 170 hingga Rp 235 jutaan.

Sedangkan untuk Freed tahun 2013 dijual dengan kisaran harga Rp 110 jutaan hingga Rp 130 jutaan. Tahun paling muda yaitu 2016 dibanderol dengan harga Rp 160 juta sampai Rp 185 jutaan.

Jika menemukan perbedaan harga meski tipe dan tahun produksinya sama, bisa jadi karena kondisi fisik unit yang berbeda baik dari sisi mesin, bodi, kelistrikan, hingga kaki-kaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.