Alasan Pelat Nomor Kendaraan Listrik Diberi Tambahan Warna Biru

Kompas.com - 28/09/2021, 17:12 WIB
Pelat nomor kendaraan listrik resmi diberikan warna biru. screenshot @gesitsPelat nomor kendaraan listrik resmi diberikan warna biru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan bertenaga listrik yang umum beredar di jalan raya menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor dengan kombinasi warna dasar hitam dan biru.

Warna biru tersebut diletakkan secara horizontal pada tepi bawah pelat nomor. Hal ini cukup unik mengingat pelat nomor kendaraan pribadi umumnya berwarna dasar hitam dan di masa mendatang akan diubah menjadi warna dasar putih.

Ada alasan khusus mengapa pelat nomor kendaraan bertenaga listrik menggunakan kombinasi warna biru. Melansir unggahan dari akun Instagram Kementerian Perhubungan di @kemenhub151, penggunaan warna biru pada mobil listrik bertujuan untuk memudahkan petugas kepolisian dalam mengindentifikasinya.

Baca juga: Maraknya Aksi Remaja Hentikan Truk, Sopir Jangan Dipidana Kalau Terjadi Kecelakaan

Lebih lanjut, identifikasi tersebut berguna untuk sejumlah skema lalu lintas. Misalnya di DKI Jakarta, skema ganjil genap yang diberlakukan mengecualikan mobil listrik. Hal tersebut didasarkan pada Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kementerian Perhubungan RI (@kemenhub151)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

TNKB pada kendaraan listrik milik pribadi saat ini tetap didominasi warna dasar hitam seperti kendaraan pribadi lainnya. Warna biru hanya sebagai aksen tambahan pada ruang penulisan masa berlaku pelat nomor.

Melansir Kompas.com, penentuan tanda melalui warna dasar pelat nomor untuk kendaraan listrik sudah melalui kajian mendalam termasuk focus group discussion yang diikuti sejumlah instansi terkait.

Baca juga: Mitsubishi Potong Harga Aksesori Resmi Xpander 50 Persen

Hal tersebut juga dilakukan tanpa mengubah dasar hukum regulasi pelaksanaan lalu lintas di Indonesia, yakni Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pemberian tambahan warna khusus pada TNKB kendaraan listrik ini juga jadi salah satu dukungan terhadap Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Warna biru dipilih karena sesuai dengan Program Langit Biru yang dicetuskan pemerintah. Program ini merupakan bentuk upaya mengurangi polusi udara termasuk mengurangi pemanasan global.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.