Begini Cara Tangkis Embun di Helm Saat Hujan

Kompas.com - 28/09/2021, 12:22 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan motorcyclenews.comIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang mulai terjadi di beberapa sejumlah wilayah di Indonesia. Biasanya, permasalahan yang sering muncul saat berkendara di tengah hujan adalah munculnya embun pada bagian kaca atau visor helm.

Pengembunan atau kondensasi terjadi karena suhu di dalam ruangan lebih besar dari luar ruangan. Sehingga, udara yang ada tidak dapat lagi menahan semua uap air. Kelebihan uap air akan berubah menjadi embun.

Munculnya embun di permukaan dalam visor hem tentu sangat mengganggu penglihatan atau visibilitas saat berkendara.

Baca juga: Jangan Asal Ganti, Ini Pentingnya Spion Motor          

Tidak hanya itu, hal ini juga berbahaya dan dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Research & Development PT Tarakusuma Indah selaku produsen helm KYT Tugimin menyarankan, biker untuk menggunakan lensa bebas embun (fog lens), seperti Rareli atau Pinlock.

Pelapis kaca helm anti embun.Ghulam/Otomania Pelapis kaca helm anti embun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebaiknya pakai yang asli karena yang palsu kualitasnya sudah pasti berbeda,” ucap Tugimin, belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Sudah Harus Ganti       

Selain itu, menurut Tugimin, ada cara lain yang bisa ditemukan sehari-hari untuk mengusir embun pad helm, yakni menggunakan minyak kayu putih atau sabun cuci cair untuk piring.

“Untuk minyak kayu putih, sebelum digunakan, dijemur dulu hingga kering. Embun tidak akan menempel jika visor terlapisi zat silikon,” kata Tugimin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.