Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Bluebird Pilih BYD E6 Gen-2 untuk Taksi Listrik

Kompas.com - 01/05/2024, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 30 April sampai 5 Mei 2024, dimeriahkan oleh sejumlah pelaku otomotif. Salah satunya adalah perusahan taksi Bluebird yang turut memperkenalkan mobil listrik model baru dari BYD.

Bluebird diketahui bakal menggunakan BYD E6 Gen-2 dalam waktu dekat, menggantikan BYD E6 yang sudah lebih dulu beroperasi.

Andrew Arristianto, Chief Sustainability Officer PT Blue Bird Tbk, mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu dua tahun untuk mengetahui model apa yang cocok digunakan sebagai taksi listrik di Indonesia.

Baca juga: MG Maxus 9 Kembali Mejeng di PEVS 2024, Status Masih Belum Dijual

“Model ini hampir dua tahun (risetnya), karena tipe ini juga sudah banyak dipakai di luar negeri, di China, Singapura, Thailand. Jadi kita lihat posibility-nya di Indonesia,” ucap Andrew, saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Mobil listrik BYD All New e6 jadi armada Blue BirdKompas.com/Adityo Mobil listrik BYD All New e6 jadi armada Blue Bird

“Yang jelas kita untuk BYD produknya sudah banyak banget dan ini sudah model ketiga. Keyakinan terhadap merek dan kualitas kendaraannya sendiri sudah teruji yang perlu kita lihat dengan model seperti ini dan kapasitas seperti ini apakah cocok untuk pasarnya,” lanjutnya.

Andrew melanjutkan, untuk tahap pertama ada 25 unit BYD E6 Gen-2 yang akan digunakan sebagai taksi listrik, dan baru akan siap digunakan sebagai kendaraan Bluebird mulai kuartal ketiga 2024.

“Kita lihat dulu seperti biasa, 25 unit, karena kita baru coba. 25 kita anggap jumlah yang minimum,” kata Andrew.

Disebutkan bahwa mobil listrik BYD E6 Gen-2 untuk taksi Bluebird akan dihadirkan langsung dari pusat di China, bukan melalui BYD Indonesia.

BYD e6 yang jadi taksi Blubird 2024KOMPAS.com/Adityo Wisnu BYD e6 yang jadi taksi Blubird 2024

“Khusus ini karena pemakaian bukan untuk pemakaian rumah tangga, masih dengan yang pusat,” kata Andrew.

Sejak 2019, Bluebird telah mengoperasikan mobil listrik, baik untuk layanan taksi Bluebird, taksi premium Silverbird, maupun mobil rental Golden Bird.

Baca juga: Keeway EV Perkenalkan Empat Motor Listrik Baru, mulai Rp 7 Jutaan

Hingga Maret 2024, Bluebird sudah memiliki lebih dari 200 kendaraan listrik yang melayani pelanggan di Jabodetabek dan Bali dan telah berhasil mengurangi 6.500 ton emisi karbon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com